Atlet Lempar Lembing Asal Banyumas Pecahkan Rekornas

Rabu, 07 Agustus 2019 - 23:02 WIB
Atlet Lempar Lembing Asal Banyumas Pecahkan Rekornas
Atlet Lempar Lembing Asal Banyumas Pecahkan Rekornas
A A A
PURWOKERTO - Atlet asal Banyumas kembali menorehkan prestasi terbaik. Atlet lempar lembing Banyumas Atinna Nurkamila Intan Bahtiar berhasil memecahkan rekor nasional, sekaligus lolos limit untuk SEA Games 2019.

Prestasi itu dicatat Atinna pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik di bawah usia 18 tahun (U-18) di Stadion Pakansari, Bogor, Jabar, yang berlangsung 1-8 Agustus 2019.

Winda Prasepti, pelatih atletik yang pernah membina Atinna, mengatakan, rekornas lama lempar lembing putri senior sejauh 49,87 meter. Kemudian di Kejurnas ini Atinna melakukan lemparan sejauh 50,46 m. Sedangkan limit untuk SEA Games 49,90 m. Dengan demikian Atinna lolos untuk SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Saat masih dilatih Winda, Atinna pernah mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng tingkat SMP dan menjadi juara I. Setelah itu Atinna dilatih Leman, Ketua PASI Banyumas dan pelatih atletik Dwiyanto.

Atas prestasi tersebut, Ketua Pengkab PASI sekaligus pelatih atletik Banyumas Leman bangga pada pencapaian mantan anak didiknya itu. Leman melatih Atinna dari bawah, kini mampu memecahkan rekornas. ''Mudah-mudahan ini belum puncak, masih bisa naik lagi,'' harap dia.

Sebelumnya, pada Kejuaraan Jateng Open, Atinna dimotivasi oleh Leman untuk meraih prestasi setinggi mungin. Anak itu rajin latihan, memiliki postur mantap untuk menajdi atlet, dan patuh pada pelatih. Program dari pelatih dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Leman melatih Atinna saat masih di kelas 2 SMAN 3 Purwokerto. Saat itu tinggi badan atlet tersebut masih 154 cm, sekarang sudah di atas 160 cm. Saat di SMA, basis Atinna adalah tolak peluru, tetapi kurang berkembang lalu disarankan pindah ke lempar cakram.

Di nomor itu juga tidak maksimal, ganti lagi ke lempar lembing dan berkembang bagus. Saat masih kelas 2 SMA, lemparan Atinna sudah mencapai 40 m. Prestasi itu diketahui Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Jateng, sehingga direkrut. Setamat SMA, Atinna masuk Unnes, catatan lemparan berkembang terus, 40 m, 42 m, 44 m, 46 m, sampai kini 50,46.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5372 seconds (0.1#10.140)