Menpora Pastikan Rencana Pengurangan Cabor di PON Papua 2020

Senin, 26 Agustus 2019 - 18:18 WIB
Menpora Pastikan Rencana Pengurangan Cabor di PON Papua 2020
Menpora Pastikan Rencana Pengurangan Cabor di PON Papua 2020
A A A
JAKARTA - Setelah rapat terbatas (ratas) Pekan Olahraga Nasional (PON), pemerintah memutuskan untuk mengurangi cabang olahranga (cabor) yang akan dipertandingkan. Selain itu pemerintah juga memutuskan bahwa Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) digeser ke tempat lain. Sementara Pekan Olahraga Pelajar (POP) digeser ke DKI Jakarta.

“Papua betul-betul kami fokuskan sebagai tempat penyeleggaraan PON. Peparnas akan digeser ke tempat lain dan POP akan digeser ke Jakarta. Papua fokus ke PON 2020,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di Kantor Presiden, Senin (26/8/2019).

Dia melanjutkan bahwa setidaknya akan ada pengurangan 10 cabor pada PON tahun depan. Dari sebelumnya 47 cabor menjadi 37 cabor.

"Kami mengacu pada sport olympic. Dan kami terus melihat nomor pertandingan yang bisa kita pertandingkan di Papua. Soal waktu bulan Oktober 2020," lanjut Imam.

Imam memastikan bahwa dukungan pemerintah pusat untuk penyelenggaraan PON di Papua akan terus dilakukan. Bahkan INASGOC sebagai penyelenggara Asian Games 2018 juga akan melakukan pendampingan.

"Akan kita siapkan sedini mungkin dan sebaik mungkin. Sehingga support teman-temen pelaksana Asian Games akan dampingi penuh. INASGOC akan mendampingi Pak Gubernur sehingga PON di Papua menjadi momentum bergengsi," paparnya.

Politikus PKB ini juga menekankan bahwa PON harus dijadikan momentum meneguhkan keberagaman Indonesia melalui ajang olahraga. (Baca juga: Rapat PON Papua 2020, Jokowi Minta Pembangunan Infrastruktur Dikebut )

"Ajang ini juga momentum bagi seluwuh warga bangsa untuk nikmati langsung sebagai bagian dari ajang menapaki jenjang prestasi berikutnya, SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade," ujarnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5097 seconds (0.1#10.140)