Yamaha Endurance Festival 2019 Resmi Dimulai, Abidin: Jaga Sportivitas

Minggu, 15 September 2019 - 10:59 WIB
Yamaha Endurance Festival 2019 Resmi Dimulai, Abidin: Jaga Sportivitas
Yamaha Endurance Festival 2019 Resmi Dimulai, Abidin: Jaga Sportivitas
A A A
BOGOR - Yamaha Endurance Festival 2019 berlangsung meriah di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (15/9/2019). Pagelaran balap ketahanan yang diinisiasi PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini sudah masuk tahun kedua.

Pada tahun kedua ini, Yamaha Endurance Festival 2019 sedikit berbeda dari ajang balap ini. Itu berkaitan dengan durasi yang ditingkatkan dari 1,5 jam menjadi 2 jam. Selain durasi balap yang lebih lama, Yamaha Endurance Festival 2019 juga ada yang berubah yakni mengenai waktu pada saat Pit In hingga Pit Out menjadi 1 menit 30 detik berbeda dari tahun sebelumnya tiga menit.

Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta. Baik professional pembalap ataupun community. Balap ketahanan itu bukan hanya bicara perfoma motor yang kencang. Satu poin penting yakni strategi tim, termasuk penyesuaian set-up yang berlaku maksimal untuk semua pembalap yang terlibat.
Yamaha Endurance Festival 2019 Resmi Dimulai, Abidin: Jaga Sportivitas

Mengenai sistem balapan Yamaha Endurance Festival 2019 Sentul, tetap mengaplikasi prosedur start gaya Le Mans. Jadi pembalap harus berlari terlebih dahulu menuju motor yang terparkir rapi di seberangnya. Hal demikian yang akan menjadi daya tarik tersendiri.

Pada Yamaha Endurace Festival 2019 ini ada dua kelas yang dipertandingkan. Profesional dan Community 250 menggunakan motor YZF-R25. Sementara untuk kelas Community 155 yang menggunakan motor YZF-R15.

Mengenai komposisi tim balap, satu tim terdiri dari dua pembalap yang akan menggunakan satu motor untuk balapan selama dua jam dengan bantuan dua mekanik. Kehadiran Yamaha Endurance Festival di tahun kedua tidak hanya menjadi wadah berkumpulnya para racing enthusiast dalam meyalurkan hobi dan kegemarannya, namun turut menjadi bukti atas tingginya komitmen Yamaha Indonesia dalam membangun budaya balap ketahanan di Tanah Air.

Pada bagian lain yang tidak kalah menarik adalah Yamaha Endurance Festival 2019 Sentul menghadirkan untuk pertama kalinya kelas khusus media. Ini diperuntukkan untuk rekan-rekan jurnalis yang ingin merasakan sensasi balap ketahanan di lintasan Sentul selama dua jam menggunakan motor All New YZF-R15. Jadi akan menjadi pengalaman pertama yang menarik dan tidak akan terlupakan.

"Peningkatan durasi balap ketahanan Yamaha Endurance Festival 2019 sudah melalui pertimbangan matang. Kita sudah melakukan kajian dan memang sesuai dengan aspirasi teman-teman pembalap dan komunitas. Kita harus ciptakan sesuatu yang baru meskipun ada hal positif. Tapi ada beberapa faktor yang harus dipikirkan salah satunya mengenai sirkuit dan tingkat kehausan ban," tutur M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

"Semoga Yamaha Endurance Festival 2019 di tahun mendatang bisa meningkatkan lagi regulasi dan budaya. Terakhir, saya meminta untuk menjaga sportivitasnya," tambahnya.

Sekadar informasi, ajang balap ketahanan Yamaha Endurance Festival 2019 ini akan disiarkan langsung (live streaming) di media sosial Facebook dan Youtube Yamaha Racing Indonesia. Berbagai acara menarik, salah satunya penampilan artis Nella Kharisma yang dijamin heboh karena memang memiliki banyak penggemar di berbagai penjuru Tanah Air.

Selain itu, Yamaha Endurance Festival 2019 juga menyuguhkan aktivitas hiburan dan eksibisi yang dimeriahkan secara langsung oleh penyanyi dangdut papan atas yaitu Nella Kharisma. Ribuan hadiah langsung berupa merchandise dari Yamaha dan door prize turut disiapkan dalam rangka menyemarakan gelaran Yamaha Endurance Festival 2019. Bahkan, untuk mereka yang mengikuti aktivitas test ride di lokasi acara, berpeluang memenangkan undian berhadiah logam mulia berupa emas.

Sementara itu bagi pengunjung yang membawa keluarga dan anak-anak, tidak perlu khawatir dengan panasnya cuaca Sirkuit Sentul. Karena di lokasi event tersedia banyak tempat berteduh seperti di booth kuliner yang menjajakan berbagai makanan dan minuman lezat, kemudian relax booth yang nyaman untuk beristirahat, hingga pesta es krim dimana Yamaha Indonesia akan mebagikan 1.000 es krim kepada pengunjung secara gratis.

Pada kesempatan yang sama, Yamaha Indonesia turut menyediakan program Free Service yang berlaku untuk semua merek sepeda motor. Selain itu, juga ada promo spesial untuk pembelian sepeda motor serta diskon sebesar 20% untuk seluruh produk apparel & aksesoris resmi Yamaha yang dapat di jumpai di area pameran.

Tunggu apa lagi, ayo datang dan saksikan secara langsung ajang balap ketahanan pertama di Indonesia dan nikmati berbagai hiburan dan eksibisi menarik hanya di Yamaha Endurance Festival 2019. Adapun kesuksesan pelaksanaan Yamaha Endurance ini didukung oleh berbagai sponsor yaitu Yamalube, Idemitsu, Pirelli, KYB, NGK, IRC Tire dan YES24.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5480 seconds (0.1#10.140)