PS Tira Masih Percaya Diri Rebut Gelar Liga 1

Rabu, 25 September 2019 - 23:59 WIB
PS Tira Masih Percaya Diri Rebut Gelar Liga 1
PS Tira Masih Percaya Diri Rebut Gelar Liga 1
A A A
JAKARTA - Tira Persikabo memang belum keluar dari jalur persaingan perebutan juara Liga 1/2019. Namun, penurunan performa dalam lima laga terakhir patut menjadi peringatan bagi Pelatih Rahmad Darmawan (RD). Laskar Padjajaran kini tertinggal sembilan poin dari pemuncak klasemen sementara Bali United.

PS Tira hanya mampu bermain imbang saat menantang Perseru Badak Lampung FC pada lanjutan Liga 1 di Stadion Sumpah Pemuda, Senin (23/9). Hasil ini memperpanjang catatan buruk Manahati Lestusen dkk yang melempem jelang berakhirnya putaran pertama musim kompetisi 2019. Skuad besutan Rahmad menelan dua kekalahan dan tiga hasil imbang.

Catatan ini seolah kontras dengan performa PS Tira yang menjelma menjadi tim pesaing juara pada awal musim kompetisi. Nyaris masuk jurang degradasi musim lalu, tim yang bermarkas di Stadion Pakansari Bogor ini tampil menggebrak di Liga 1.

Hanya butuh delapan pekan, mereka sudah kokoh di puncak klasemen sementara mengangkangi tim-tim yang lebih dulu eksis di kompetisi Indonesia seperti Persib Bandung, Persija Jakarta, PSM Makassar, maupun Persebaya Surabaya.

Ini tidak lepas dari penampilan impresif PS Tira yang tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan sejak musim digulirkan. Laskar Padjajaran perkasa di kandang maupun saat tandang ke markas lawan. Arema FC, PSIS Semarang, dan Barito Putera dipermalukan di depan pendukungnya sendiri.

Enam pekan dilewati PS Tira dengan status pemuncak klasemen sementara. Namun, peruntungan PS Tira berubah jelang berakhirnya putaran pertama Liga 1. Adalah laga kontra tim urutan kedua Bali United yang menjadi ihwal penurunan performa tim.

Bermain di kandangnya sendiri, Stadion Pakansari Bogor, PS Tira takluk dengan skor tipis 1-2. Dua gol Stefano Lilipaly hanya mampu dibalas Abduh Lestaluhu sekaligus memberikan kekalahan pertama kepada PS Tira.

Tidak hanya itu, kekalahan ini membuat Manahati dkk pasrah menyerahkan takhta sementara Liga 1 kepada seteru mereka, Bali United, dan turun ke urutan kedua. Meski demikian, kebangkitan dalam laga kontra PSS Sleman pada pekan ke-15 di Stadion Pakansari sempat melambungkan asa PS Tira akan kembali menunjukkan taji.

Modal kemenangan 3-1 membuat RD percaya diri memimpin anak asuhnya menantang Persela Lamongan. Alih-alih mencuri poin di kandang lawan, PS Tira harus menanggung malu menyusul kekalahan telak 1- 6 dari Laskar Joko Tingkir.

Seolah kehabisan amunisi, - Las kar Padjajarankembali mengalami penurunan performa dalam empat laga berikut. Kalah dari PSM dan bermain imbang saat menghadapi Borneo FC, Persib, serta Perseru Badak Lampung FC menjadi catatan minor tim yang sebelumnya bernaung di bawah TNI tersebut.

RD sendiri tidak khawatir dengan situasi timnya. Kendati terpaut sembilan angka dan berpeluang diperlebar Bali United yang menghadapi Persebaya tadi malam, dia tetap optimistis dengan potensi anak asuhnya. Menurut dia, mampu meraih satu angka di kandang lawan tidak buruk mengingat pada laga sebelumnya mereka kalah dari PSM di Stadion Mattoanging.

“Saya tetap senang karena di mana-mana mendapat poin di kandang lawan merupakan sebuah kesuksesan. Pemain sudah bermain cukup bagus, namun banyak peluang yang tidak mampu di konversi menjadi gol,” ujar RD. Jika menilik komposisi tim, RD memang memiliki modal yang cukup untuk mengejar perolehan poin Bali United.

Sebut saja striker asing Ciro Alves yang saat ini masuk posisi tiga besar pencetak gol terbanyak. Total 12 gol sudah dicetak pemain asal Brasil tersebut. Selain itu, ada Loris Arnaud yang sejauh ini sudah menyumbang tujuh gol.

Dari barisan pemain lokal juga dihuni langganan timnas seperti Manahati, Awan Setho, maupun Osas Saha. Selain itu, jika mengacu pada statistik tim, PS Tira sudah mengoleksi 41 gol dari 20 pertandingan. Mereka melepaskan 197 tembakan, 97 di antaranya tepat sasaran.

Laga kontra tim penghuni zona degradasi Semen Padang akan menjadi ujian PS Tira selanjutnya. Pertandingan ini digadang-gadang akan menjadi momen kebangkitan Laskar Padjajaranuntuk memperlebar jarak dari Madura United yang siap menyalip dari urutan ketiga klasemen sementara.
(Abriandi)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6823 seconds (0.1#10.140)