Lampard Berharap Chelsea Bisa Seperti Ajax Amsterdam

Rabu, 23 Oktober 2019 - 16:10 WIB
Lampard Berharap Chelsea Bisa Seperti Ajax Amsterdam
Lampard Berharap Chelsea Bisa Seperti Ajax Amsterdam
A A A
AMSTERDAM - Apa yang dicapai Ajax Amsterdam di Liga Champions musim lalu merupakan bukti bahwa skuad muda bisa melangkah jauh. Chelsea akan menjadikan wakil Belanda itu sebagai sumber inspirasi saat bentrok pada lanjutan penyisihan Grup H di Johan Cruijff Arena, dini hari nanti.

Ajax memang gagal merajai Eropa. Tapi, sepak terjang tim asuhan Erik Ten Hag tersebut tetap mendapat pujian. Walau dihuni banyak pemain muda, mereka mampu melewati penyisihan Grup E tanpa kekalahan, yakni tiga menang dan tiga imbang.

Dibabak gugur, Ajax mampu menghempaskan Real Madrid yang sebelumnya sudah tiga kali beruntun menjuarai Liga Champions. Sementara saat perempat final, mereka mampu mengentikan Juventus yang notabene jawara Seri A.

Sedangkan ketika bentrok Tottenham Hotspur di semifinal, Ajax juga hampir saja melaju. Sayangnya, mereka tersingkir karena kalah gol tandang meski agregat imbang 3-3. Tapi, meski gagal di Benua Biru, De Godenzonen berjaya di ranah sendiri dengan menjuarai Eredivisie dan KNVB Cup.

“Apa yang Ajax lakukan pada musim lalu sangat luar biasa. Membukukan prestasi seperti itu dengan tim yang masih muda. Sekarang kami juga membawa banyak pemain muda. Tapi, Jalan kami masih panjang untuk seperti mereka. Namun, saya senang dengan skuad yang ada,” ucap Lampard, dilansir skysport.

Seperti ucapan Lampard. Musim lalu Ajax memasukan banyak pemain yang berusia 22 tahun ke bawah, diantaranya Donny van de Beek, Rasmus Nissen Kristensen, Mitchel Bakker, Noa Lang, Ryan Gravenberch, Jurgen Ekkelenkamp, Carel Eiting hingga Frenkie de Jong serta Matthijs de Ligt.

Regenerasi ala Ajax kini menjadi inspirasi Lampard untuk melakukan hal serupa di Stamford Bridge. Apalagi, Chelsea saat ini masih menjalani hukuman larangan membeli pemain selama dua bursa transfer. Artinya, memaksimalkan talenta muda dari tim akademi menjadi langkah yang bijak.

“Seperti yang Anda lihat, saya percaya kepada pemain muda kami. Banyak orang mengatakan saya tidak punya banyak opsi dalam skuad ini, jadi saya terpaksa harus memainkan mereka. Itu tidak benar. Saya yang memilih untuk memainkan mereka,” tandas Lampard.

Alasan lain mengapa Lampard memilih menurunkan sejumlah pemain muda, karena beberapa pilarnya tidak bisa ikut ke Belanda. N'Golo Kante (pangkal paha), Ross Barkley (engkel) dan Antonio Rudiger (gangguan kesehatan) dipastikan absen.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7094 seconds (0.1#10.140)