Fantastis! Bulu Tangkis Mendunia, Penggemarnya Mencapai 735 Juta

Rabu, 01 Januari 2020 - 07:29 WIB
Fantastis! Bulu Tangkis Mendunia, Penggemarnya Mencapai 735 Juta
Fantastis! Bulu Tangkis Mendunia, Penggemarnya Mencapai 735 Juta
A A A
KUALA LUMPUR - Selama 12 bulan sepanjang musim 2019 telah dilalui dengan menyajikan drama bulu tangkis yang melahirkan rekor dan sejarah para pemain yang fantastis. Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) melakukan banyak gebrakan untuk membuat bulu tangkis makin mendunia.

Sudah setahun di mana BWF berfokus pada peningkatan aset yang ada termasuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Besar yang mendebarkan dengan Sudirman Cup 2019 di Nanning, China, Kejuaraan Dunia 2019 dan Para Badminton Championships di Basel, Swiss, dan selanjutnya membangun musim Tur Dunia BWF.

Tahun ini sejumlah juara mengumumkan pengunduran diri mereka termasuk Lee Chong Wei, Liliyana Natsir, Li Xuerui, Christinna Pedersen dan Kamilla Rytter Juhl. Proyek AirBadminton yang diluncurkan Mei lalu merupakan salah satu inisiatif partisipasi baru dari BWF yang bertujuan menjadikan bulu tangkis lebih mudah diakses dengan lebih banyak orang. Harapannya agar semakin banyak orang bisa mendapatkan lebih banyak kenikmatan dari bulu tangkis dengan bermain di luar ruangan.

Dengan peluncuran AirBadminton, BWF berharap untuk melihatnya berkembang di semua pasar bulu tangkis dan Federasi senang melihat reaksi positif terhadap beberapa kompetisi AirBadminton pertama. BWF berharap ini juga dapat menjadi bagian baru yang menarik dari masa depan bulu tangkis.

Tidak mengherankan melihat bulu tangkis mengalami pertumbuhan skala besar di seluruh dunia. Menurut Studi Badminton Global 2018 yang dilakukan oleh Nielsen Sports, basis penggemar olahraga diperkirakan mencapai 681 juta di tujuh wilayah berdasarkan sampel survei yang dilakukan di 21 pasar bulu tangkis secara global. Ini merupakan peningkatan sekitar 37 persen sejak 2015 di 21 pasar yang sama.

Untuk tahun 2018, survei ini menambahkan 15 pasar tambahan yang meningkatkan basis penggemar bulu tangkis sebanyak 54 juta, sehingga jumlah total penggemar bulu tangkis secara global di 35 pasar diperkirakan menjadi 735 juta penggemar di tujuh wilayah.

Bahkan, bulu tangkis berada di peringkat ketiga di belakang sepak bola dan bola basket dan di atas tenis, motorsport, dan golf dalam hal jumlah penggemar ketika diukur di 21 negara kunci.

Selain itu, ada juga 339 juta peserta bulu tangkis aktif yang bermain bulu tangkis setidaknya seminggu sekali diperkirakan di 35 negara yang diteliti.

China memiliki jumlah individu terbesar yang bermain bulu tangkis secara teratur diikuti oleh India, Malaysia, Singapura, China Taipei, Thailand dan Indonesia. Di Eropa Barat, BWF melihat peningkatan besar dalam partisipasi di Rusia dan Spanyol pada khususnya.

Upaya BWF selanjutnya adalah memberi tahu dunia tentang hal ini melalui strategi komunikasi yang tepat. Sebagai Federasi Internasional, BWF melihat posisinya sebagai penjaga bulu tangkis. BWF percaya itu adalah tujuan nyata untuk melindungi masa depan bulu tangkis yang fantastis.

BWF saat ini sedang dalam proses bekerja sama dengan Global Development Partner, HSBC, untuk memberikan lapangan bulu tangkis luar ruangan di seluruh wilayah Guangzhou di China untuk digunakan komunitas bulu tangkis lokal, yang merupakan bagian dari fase dua dari proyek AirBadminton.

Lapangan pertama diluncurkan pada Final Tur Dunia BWF HSBC pada bulan Desember dan BWF ingin melihat ini terjadi di seluruh dunia. Untuk BWF, aspek komunitas bulu tangkis sangat kuat di banyak pasar utama kita seperti China, India dan Indonesia.

Dan jika dapat mulai memanfaatkan hubungan budaya dan komunitas ini, BWF merasa itu akan membuka lebih banyak jalan untuk bisnis dan pertumbuhan. Olimpiade dan Paralympic Tokyo 2020 tentu saja menjadi sorotan besar tahun depan, dan fakta bahwa Para Badminton memulai debutnya di Tokyo 2020 tentu merupakan peristiwa penting bagi olahraga ini.

Sangat luar biasa bagi para pemain dan komunitas bulu tangkis yang lebih luas untuk diterima dalam Paralympic Games dan menjadi bagian dari program ini.

Jepang juga merupakan latar belakang yang tepat untuk menyajikan disiplin Olimpiade dan Paralimpiade di mana Jepang selama bertahun-tahun menyelenggarakan berbagai turnamen yang dianggap sebagai salah satu turnamen terbaik dan paling bergengsi oleh para pemain BWF.

Dengan silsilah fantastis Jepang dalam olahraga dan keberhasilan baru-baru ini, suasana di Musashino Forest Sport Plaza dan Stadion Nasional Yoyogi akan luar biasa. Tokyo Paralympic Games Tokyo adalah tujuan besar bagi para atlet bulu tangkis Para berbakat kami tahun ini.

Semoga tahun 2020 yang fantastis!
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6081 seconds (0.1#10.140)