Takumi Minamino, Bocah Penyintas Gempa Dahsyat Hanshin

Minggu, 05 Januari 2020 - 10:23 WIB
Takumi Minamino, Bocah Penyintas Gempa Dahsyat Hanshin
Takumi Minamino, Bocah Penyintas Gempa Dahsyat Hanshin
A A A
LIVERPOOL - Takumi Minamino berpeluang mencetak debut bersama Liverpool di laga kontra Everton nanti malam. Sebelum pertandingan, media di Inggris mengisahkan kisah hidupnya.

Pemain Jepang pertama dalam sejarah Liverpool itu lahir 16 Januari 1995. Ketika usianya baru sehari, Jepang diguncang gempa besar yang berpusat di Teluk Osaka.

Pusat gempa cuma 50 mil dari kota Izumisano -tempat Minamino lahir. Lebih dari 70 ribu rumah hancur, sebanyak 6.434 tewas akibat gempa dahsyat Hanshin berkekuatan 7,2 skala richter.

The Sun menghimpun sejumlah sumber yang menyebut bahwa bencana itu merupakan yang terburuk di Jepang setelah gempa bumi besar Kanto pada tahun 1923. Sekaligus tercatat sebagai gempa bumi terbesar kedua yang melanda Jepang pada abad ke-20.

Dari segelintir korban yang selamat, Minamino salah satunya. Tumbuh sebagai bocah sederhana, ketika usia Minamino menginjak 7 tahun, Jepang dipercaya FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Korea. Dari situ Minamino bermimpi menjadi pesepak bola profesional.

Bersama saudaranya, Kenta, Minamino berlatih sepak bola di lapangan parkir. Dia terinspirasi Ronaldo kuncung asal Brasil yang tampil bersinar di Piala Dunia 2002. Maka Minamino kecil menyusun sederet kerucut dan menggiring bola di antara kerucut-kerucut tersebut.

Mantan pelatih Timnas Jepang, Vahid Halilhodzic, adalah orang yang memberi Minamino kesempatan tampil untuk pertama kali di level tim nasional. Halilhodzic mengaku tak heran Minamino sekarang bergabung bersama salah satu tim paling sukses di dunia.

"Minamino adalah pemain yang rajin, ahli, dan rendah hati. Dia beradaptasi dengan pola apa pun, dan dia senang bekerja sama dengan orang lain. Dia memberikan dirinya untuk orang lain," kata Halilhodzic dikutip The Sun.

Sebelum bergabung bersama Liverpool, Minamino bersinar di klub Austria, Salzburg. Di sana dia mendapat julukan "Neymar dari Jepang" lantaran kerampilan menggiring bola di antara pemain lawan. Dengan rendah hati, Minamino menanggapi julukan yang disematkan orang kepadanya.

"Seandainya saya memang sebaik dia (Neymar, jr) saya baru bisa menerima pujian semacam itu," kata Minamino.

Apakah Minamino akan melakukan debut bersama Liverpool di laga kontra Everton? Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Anfield, Minggu (5/1/2020) pukul 23.01WIB.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1316 seconds (0.1#10.140)