DPR Komitmen Sukseskan PON XX dan Peparnas XVI di Papua

Selasa, 04 Februari 2020 - 16:01 WIB
DPR Komitmen Sukseskan PON XX dan Peparnas XVI di Papua
DPR Komitmen Sukseskan PON XX dan Peparnas XVI di Papua
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan kesepakatan rapat gabungan (Ragab) antara pemerintah dan sejumlah Komisi di DPR bahwa DPR berkomitmen mensukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke-XVI di Papua.

“Dari hasil rapat gabungan ini rapat gabungan antara pemerintah dengan Komisi I, Komisi II, Komisi III, dan Komisi X maka DPR mempunyai kesimpulan bahwa DPR RI berkomitmen untuk mensukseskan penyelenggaraan PON ke-XX dan Peparnas ke-XVI tahun 2020 di provinsi Papua. Yang meliputi sukses administrasi, sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” kata Puan seusai Ragab bersama Kepala BIN, Menpora, Mendagri, Wakapolri, TNI dan Pemerintah Provinsi Papua di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Kemudian, kata Puan, DPR mendesak pemerintah pusat dan pemerintah provinsi (Pemprov) Papua serta pemerintah kabupaten/kota untuk bekerja keras dalam mensukseskan penyelenggaraan PON ke-XX dan Peparnas ke-XVI. “Khususnya dalam hal keamanan, percepatan penyelesaian pembangunan venue, dan ketersediaan akomodasi,” imbuhnya.

Puan melanjutkan, DPR juga memendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh Kepala BIN, TNI dan Polri untuk menjamin keamanan di Papua khusunya di kabupaten/kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan PON ke-XX dan Peparnas ke-XVI tahun 2020. Karenanya, setelah Ragab ini, Komisi I, II, III dan X akan melakukan tindak lanjut dalam hal ini mendalami mitra Komisi masing-masing terkait persiapannya.

“Kami berkomitmen bahwa sukses PON ke-XX dan Peparnas ke-XVI di Papua ini akan menjadi salah satu yang strategis dalam menjaga negara kesatuan Republik Indonesia. Ini bukan sekadar sukses prestasi olahraga tapi bagaimana kemudian penyatuan atau penyeimbangan antara wilayah barat dan timur ini nantinya bisa segera terwujud untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Politisi PDIP ini.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6625 seconds (0.1#10.140)