Wabah Virus Corona Gerogoti Agenda Motorsport Dunia

Selasa, 03 Maret 2020 - 10:19 WIB
Wabah Virus Corona Gerogoti Agenda Motorsport Dunia
Wabah Virus Corona Gerogoti Agenda Motorsport Dunia
A A A
LONDON - Wabah virus corona benar-benar jadi ancaman manusia. Semua lini pun terpengaruh, termasuk beberapa agenda motorsport di dunia.

Penyebaran COVID-19 terus menyeruak ke lapisan dunia, termasuk Indonesia. Kabar terakhir menyebutkan kalau di tanah air ini sudah orang dinyatakan positif terinfeksi corona.

Sampai saat ini ada lebih dari 89.000 kasus yang dikonfirmasi terjangkit virus corona di seluruh dunia. Catatan korban tewas pun sudah mencapai 3000 lebih.

Di Eropa, Italia menjadi negara paling banyak terdampak. Lebih dari 1.700 orang dikabarkan telah tertular dan sudah menewaskan 41 orang. Sementara itu, Inggris juga mengalami peningkatan kasus dalam beberapa hari terakhir, dengan angka sekarang mencapai 40.

Tak ayal kondisi tersebut membuat sejumlah agenda motorsport dunia terpengaruh. Crash, Selasa (3/3/2020), merangkum kegiatan motorsport apa saja yang mengalami pembatalan atau penundaan akibat wabah virus corona tersebut.

2 Maret - MotoGP menunda GP Thailand

Awal pekan ini pemerintah Thailand mengumumkan lomba MotoGP ditunda. Hal tersebut pun telah dikonfirmasi pihak Dorna Sports dan FIM. GP Thailand sedianya dijadwalkan sebagai seri kedua MotoGP 2020. Namun pihak Dorna belum mengumumkan kapan GP Thailand digelar.

2 Maret - Seri Pembuka Suzuka Super Formula ditunda

Putaran pembukaan musim Super Formula 2020 di Suzuka (dijadwalkan pada 5 April) ditunda, sementara tes pra-musim dua hari di venue Grand Prix Jepang (9-10 Maret) dibatalkan. Epidemi virus corona juga meragukan apakah pembuka Super GT di Okayama akan berjalan sesuai rencana pada 11-12 April.

1 Maret - Seri Pembuka MotoGP 2020 dibatalkan

Hanya beberapa jam sebelum GP Thailand ditunda, MotoGP mengumumkan bahwa rencana seri pembuka MotoGP 2020 di Qatar pada 8 Maret telah dibatalkan untuk kelas utama. Namun, Moto2 dan Moto3 akan berjalan sesuai rencana karena tim dan pembalap sudah berada di Qatar setelah mengikuti tes tiga hari.

27 Februari - Tes DTM dipindahkan

Penyelenggara DTM mengumumkan tes pra-musim yang direncanakan di Monza pada 16-18 Maret telah dipindahkan ke Hockenheimring di Jerman sebagai tanggapan langsung terhadap penyebaran COVID-19 di Italia Utara.

26 Februari - Balapan GP Vietnam dibatalkan

Formula Renault Asiacup untuk mendukung gelaran Grand Prix Vietnam F1 dibatalkan. Sementara seri pembuka musim Formula 4 China juga dibatalkan.

26 Februari International GT Open tunda pengujian

International GT Open menjadi seri balap sportscar Eropa pertama yang terpengaruh oleh wabah corona ketika tes musim dingin. Kejuaraan yang direncanakan di Barcelona antara 6-7 Maret ditunda.

12 Februari - GP Cina F1 ditunda
GP China tahun ini yang semula dijadwalkan pada 19 April resmi ditunda.

2 Februari - Formula E Sanya dibatalkan
Acara motorsport besar pertama yang terpengaruh adalah Formula E di Sanya, China. Sedianya lomba digelar pada 21 Maret.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0127 seconds (0.1#10.140)