Undian Grup Liga Bangsa-Bangsa 2020/21: Inggris Berpeluang di Grup Sulit

Selasa, 03 Maret 2020 - 21:14 WIB
Undian Grup Liga Bangsa-Bangsa...
Undian Grup Liga Bangsa-Bangsa 2020/21: Inggris Berpeluang di Grup Sulit
A A A
AMSTERDAM - Undian penyisihan grup Liga Bangsa-Bangsa UEFA akan digelar di Amsterdam, Belanda, Selasa (3/4/2020) pukul 17.00 GMT atau Rabu (4/3/2020) sekitar pukul 00.00 WIB. Musim 2020/2021 Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) menerapkan format baru dengan empat tim di tiap grup Liga A, B, dan C, dari sebelumnya tiga tim tiap grup.

Portugal memenangkan turnamen pertama yang digelar tahun lalu dengan Belanda, Inggris, dan Swiss juga lolos ke final di Porto, portugal. Portugal memastikan gelar perdananya atau yang kedua dalam tiga tahun setelah kemenangan Piala Eropa 2016.

Musim lalu menggunakan format tiga tim dalam datu grup, dan ancaman degradasi yang sangat nyata menimpa tim-tim terbesar. Edisi pertama Liga Bangsa-Bangsa dinilai sukses. Kini, sembilan bulan kemudian, undian untuk edisi kedua kompetisi siap digelar.

Kontestan seluruh Eropa akan menemukan lawan dalam format grup baru dimana ada empat tim di masing-masing grup. Itu berarti Jerman termasuk di antara empat tim yang lolos dari degradasi ke Liga B.

Tim akan bermain dengan format kandang-tandang antara September dan November 2020. Keempat pemenang grup di Liga A akan berlaga di final Liga Bangsa-Bangsa pada Juni 2021.

Timnas Inggris di bawah arahan Gareth Southgate berada di Pot 1. Inggis berpeluang menghadapi salah satu dari Belgia, Prancis, Spanyol atau Italia dari Pot 2. Dari Pot 3, salah satu dari Bosnia-Herzegovina, Ukraina, Denmark, dan Swedia. Sedangkan dari Pot 4, lawan yang mungkin adalah Kroasia, Polandia, Jerman atau Islandia. Skenario terburuk lawan-lawan Inggris adalah Prancis, Swedia, dan Jerman.

Pembagian Pot Liga Bangsa-Bangsa UEFA

Liga A
Pot 1: Portugal, Belanda, Inggris, Swiss
Pot 2: Belgia, Prancis, Spanyol, Italia
Pot 3: Bosnia dan Herzegovina, Ukraina, Denmark, Swedia
Pot 4: Kroasia, Polandia, Jerman, Islandia

Liga B
Pot 1: Rusia, Austria, Wales, Republik Ceko
Pot 2: Skotlandia, Norwegia, Serbia, Finlandia
Pot 3: Slovakia, Turki, Republik Irlandia, Irlandia Utara
Pot 4: Bulgaria, Israel, Hungaria, Rumania

Liga C
Pot 1: Yunani, Albania, Montenegro, Georgia
Pot 2: Makedonia Utara, Kosovo, Belarus, Siprus
Pot 3: Estonia, Slovenia, Lithuania, Luksemburg
Pot 4: Armenia, Azerbaijan, Kazakhstan, Moldova

Liga D
Pot 1: Gibraltar, Kepulauan Faroe, Latvia, Liechtenstein
Pot 2: Andorra, Malta, San Marino

Tujuan utama dari kompetisi Liga Bangsa-Bangsa ini adalah untuk mengurangi jumlah persahabatan yang tidak berarti di sepakbola internasional, membawa alternatif yang lebih kompetitif dengan konsekuensi yang lebih besar.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)