Tyson Fury Berbohong, Dillian Whyte Harus Jadi Juara Dunia

Jum'at, 20 Maret 2020 - 05:01 WIB
Tyson Fury Berbohong, Dillian Whyte Harus Jadi Juara Dunia
Tyson Fury Berbohong, Dillian Whyte Harus Jadi Juara Dunia
A A A
LONDON - Promotor Eddie Hearn menegaskan Dillian Whyte harus jadi juara kelas berat WBC. Itu sampaikan kalau Tyson Fury benar-benar menghadapi masalah terkait tes narkoba pada 2015 lalu.

Seperti diberitakan akhir pekan lalu, kubu Furry dilaporkan telah membayar seorang petani, Martin Carefoot sebesar 25.000 Pounds atas imbalan kesaksian yang ditandatangani bahwa Fury gagal dalam tes narkoba pada 2015 karena makan babi hutan. Promotor Fury, Frank Warren sempat membantah pernyataan sang petani tersebut. (Baca juga : Kasus Lamanya Dibongkar, Tyson Fury Terancam Hukuman Berat )

"Petani yang membuat tuduhan keterlaluan ini mengirimi saya surat Oktober lalu, penuh kesalahan dan pada dasarnya mengatakan bahwa dia telah melakukan sumpah palsu dengan menandatangani pernyataan di bawah sumpah dan berbohong. Ketika saya memanggilnya, dia meminta uang. Saya mengatakan kepadanya untuk membereskan dan menghubungi UKAD (Inggris Anti-Doping). Dia memilih untuk tidak berbicara dengan UKAD tetapi berbicara dengan surat kabar," ungkap Warren.

"Bagaimana orang dapat menganggap itu adalah tuduhan serius mengingat Tyson belum pernah bertemu dengan pria ini seumur hidupnya. Betapa banyak sampah. Kita akan meninggalkan ini dengan UKAD untuk melihat ke dalam dan tidak berharap itu akan melangkah lebih jauh," beber Warren.

Namun, Hearn tak begitu saja percaya dengan pernyataan kubu Fury. Ia meminta Whyte untuk terus memantau situasi setelah statusnya sebagai penantang wajib WBC untuk sementara ditangguhkan WBC setelah klaim temuan yang merugikan dalam tes narkoba UKAD. Penangguhan Whyte dicabut WBC pada Desember dan ia kemudian diangkat kembali sebagai juara sementara WBC.

"Seperti yang saya mengerti, itu akan dilihat oleh UKAD. Saya rasa kebenaran akan keluar ke permukaan. Seperti yang saya pahami, saksi utama dalam kasus ini telah keluar dan secara efektif mengubah pernyataannya tentang apa yang terjadi," kata Hearn kepada Sky Sports.

"Saya akan membiarkan mereka berurusan dengan itu. Jika saya Dillian Whyte sekarang, saya melihat situasi itu, tahu bahwa jika ada masalah dengan Tyson Fury sebagai juara dunia, saya yang akan menjadi juara dunia kelas berat WBC, karena saat ini, dia diskors saat investigasi sedang berlangsung. Akan menarik untuk melihat bagaimana hasilnya."

Presiden WBC Mauricio Sulaiman sebelumya mengatakan WBC tidak bertindak atas gosip atau posting media, kecuali ada klaim resmi yang disampaikan maka WBC dapat mengintervensi masalah apa pun. "Saya tidak merujuk secara khusus pada masalah ini tentang Fury. Sejauh menyangkut WBC, Fury telah melewati banyak tes dalam dua tahun terakhir ketika ia berjuang di bawah payung WBC."

"Pendapat pribadi saya adalah bahwa saya akan mempertanyakan kredibilitas yang diduga oleh saksi tersebut, ketika dia keluar dan mengaku mendapatkan uang untuk berbohong. Tyson Fury adalah juara kelas berat WBC dan memiliki dukungan mutlak dari organisasi kami."
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7576 seconds (0.1#10.140)