Lakukan Persiapan, PBSI Pastikan Indonesia Open Digelar Tahun Ini

Rabu, 08 April 2020 - 07:33 WIB
Lakukan Persiapan, PBSI Pastikan Indonesia Open Digelar Tahun Ini
Lakukan Persiapan, PBSI Pastikan Indonesia Open Digelar Tahun Ini
A A A
JAKARTA - Penundaan Turnamen Bulu Tangkis Indonesia Open 2020 akibat pandemi virus corona tidak lantas membuat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) bisa bersantai. Sebaliknya, federasi tetap menggelar persiapan kejuaraan level 1000 tersebut, terutama soal venue dan koordinasi dengan stakeholder terkait sembari menunggu kepastian jadwal dari Badminton World Federation (BWF).

BWF kembali mengumumkan penundaan turnamen sepanjang Mei hingga Juli 2020. Sebelumnya, belasan turnamen juga telah ditunda akibat wabah virus corona yang masih menjadi ancaman di seluruh dunia. Sebanyak empat Turnamen Grade 2 dan sembilan Turnamen Grade 3 akan ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Blibli Indonesia Open 2020 (BIO) adalah salah satu Turnamen Grade 2 yang akan ditunda.

Dengan penundaan ini, BWF dipastikan menolak usulan yang sebelumnya diajukan PBSI untuk menggelar Indonesia Open pada September mendatang. Kendati ditolak, Sekretaris Jenderal PBSI Achmad Budiharto mengaku bisa memahami keputusan yang diambil untuk menunda sejumlah turnamen sebagai antisipasi menyusul merebaknya virus corona di seluruh dunia. Di Indonesia, masa tanggap darurat wabah Covid-19 sampai akhir Mei dan potensi diperpanjang jika situasi tidak kunjung membaik. (Baca: Ganda Putra Gagal di All England, Warning Bagi PBSI)

“Kami memahami kondisi ini dan mendukung langkah yang diambil BWF, karena masa darurat Covid-19 sampai akhir Mei, jadi BIO memang tidak mungkin diselenggarakan di jadwal awal. PBSI masih menunggu jadwal baru sembari terus berkoordinasi dengan BWF dan sudah membicarakan beberapa alternatif waktu yang paling tepat untuk penyelenggaraan BIO,” ujarnya.

Budiharto mengatakan PBSI dan BWF telah memutuskan penyelenggaraan Blibli Indonesia Open 2020 yang merupakan turnamen level Super 1000 ini akan tetap dilangsungkan di tahun ini. Selagi menunggu kepastian tanggal penyelenggaraan BIO, panitia pelaksana juga telah melakukan berbagai persiapan di antaranya membuat konsep event, memastikan reservasi lokasi penyelenggaraan turnamen, serta rapat koordinasi dengan bagian-bagian terkait. (Abriandi)
(ysw)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5463 seconds (0.1#10.140)