Belanda siap hadapi Denmark

Sabtu, 09 Juni 2012 - 16:41 WIB
Belanda siap hadapi Denmark
Belanda siap hadapi Denmark
A A A
Sindonews.com - Timnas Belanda akan menghadapi tantangan sesungguhnya saat berhadapan dengan Denmark pada pertandingan perdana Grup B Piala Eropa 2012 di Metalist Kharkiv Stadium, malam ini. Skuad asuhan Bert van Marwijk tersebut wajib meraih kemenangan atas Denmark karena jika mereka meraih hasil seri atau kalah, tentu akan makin menyulitkan mereka dalam menghadapi pertandingan selanjutnya.

Jika bisa melewati hadangan Denmark, dua lawan tangguh di Grup B sudah menunggu De Oranje, julukan timnas Belanda, yakni Jerman dan Portugal. Bek Belanda John Heitinga mengatakan, Denmark berpotensi untuk menyulitkan timnya. Pemain Everton tersebut juga mengingatkan rekan-rekannya untuk mewaspadai gelandang muda Denmark yang tengah bersinar Christian Eriksen.

“Denmark tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka berpotensi untuk memberikan kejutan di grup ini. Kami juga harus mewaspadai pergerakan Christian Eriksen. Dia adalah pemain berbakat yang telah menjalani musim yang bagus bersama Ajax Amsterdam. Dengan usianya yang masih muda Christian akan menjadi pemain penting bagi Denmark pada masa-masa mendatang,” kata Heitinga, dilansir si.com.

Hal senada juga diutarakan gelandang Arjen Robben. Pemain Bayern Muenchen itu mengatakan, timnya harus fokus agar dapat mengatasi semua lawan mereka di Grup B. “Semua orang tentu mengetahui kualitas tim-tim yang berada di Grup B. Tanpa ragu, saya mengatakan bahwa ini adalah salah satu grup tersulit dalam turnamen ini. Namun, kami harus menerima kenyataan ini. Kami ingin menjadi juara Eropa kami harus mampu mengalahkan semua lawan yang akan kami hadapi, termasuk Denmark,” kata Robben, dikutip soccerway.com.

Belanda tentu tak ingin pulang dengan tangan hampa. Gelar Piala Eropa 2012 diyakini mampu mengobati kegagalan mereka pada dua kejuaraan bergengsi sebelumnya. Di Piala Eropa 2008, langkah Robin van Persie dkk terhenti di babak perempat final usai ditaklukkan Rusia 3-1.

Di Piala Dunia 2010, giliran Spanyol yang mengalahkan De Oranje 1-0 untuk menjadi juara. “Kami menyadari mungkin inilah kesempatan terbaik kami untuk menjadi juara. Kami tak ingin gagal lagi. Kami harus mampu memaksimalkan semua peluang,” kata Dirk Kuyt.

Sementara itu, Pelatih Denmark Morten Olsen berharap timnya mampu mengulangi keberhasilan yang diraih Michael Laudrup dkk di Piala Eropa 1992. Saat itu, Denmark sukses meraih trofi paling bergengsi di Benua Biru tersebut setelah mengalahkan Jerman 2-0 di partai puncak.

“Keberhasilan kami menjuarai Piala Eropa 1992 akan menginspirasi dan memberikan semangat bagi perjuangan tim ini. Saya merasa tim ini jauh lebih baik dari dua tahun lalu. Para pemain sangat antusias dan mereka berada dalam kondisi fisik yang baik,” kata Olsen, dikutip si.com.

Bek Denmark Daniel Agger juga menilai timnya mampu mengimbangi permainan Belanda. “Meskipun kami tidak memiliki pemain-pemain bintang seperti Belanda, kami tidak gentar sedikit pun. Kami akan bertanding sebagai satu tim dan bermain sebaik mungkin,” kata pemain belakang Liverpool ini.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4190 seconds (0.1#10.140)