Irlandia melawan Kroasia dipastikan seru

Senin, 11 Juni 2012 - 00:49 WIB
Irlandia melawan Kroasia dipastikan seru
Irlandia melawan Kroasia dipastikan seru
A A A
Sindonews.com - Duel Irlandia dan Kroasia di Stadium Poznan, Senin (11/06) dini hari WIB akan diwarnai persaingan sengit untuk menghindari sebutan sebagai tim pelengkap di Grup C di Stadion Miejski, Poznan, Senin (11/6/2012) dinihari WIB.

Namun masalahnya, beberapa jam sebelum laga perdana menghadapi Kroasia, dua pemain tulang punggung Irlandia yaitu kiper Shay Given dan bek kanan John O'Shea masih belum sepenuhnya dalam kondisi fit.

Pelatih timnas Irlandia Giovanni Trapattoni menjelaskan, Given yang sempat bermasalah dengan cedera betis, namun dia akhirnya bisa kembali berlatih penuh dan siap tampil dalam pertandingan ini. sementara O’Shea sudah menunjukkan kebugarannya setelah bermain 90 menit saat pertandingan persahabatan lawan Hungaria.

Sementara itu di sektor gelandang, ada Danien Duff dan Aiden McGeady yang siap menopang serangan tim melalui sisi sayap. James McClean bisa saja diberikan kesempatan tampil setelah bermain impresif bersama Sunderland musim ini. Namun, pelatih Giovanni Trapattoni harus memutuskan apakah ia akan menggunakan lima gelandang atau menambah satu striker untuk menemati Robbie Keane di depan.

"Aspek penting dalam setiap laga adalah antusiasme. Jika Anda memenangi laga pertama, rasa percaya diri akan timbul. Anda akan mendapat suntikan motivasi dan antusiasme Hanya dengan cara inilah Anda mampu mencapai tujuan Anda," kata Trapattoni seperti yang dikutip Goal.com Minggu (10/6/2012)

Sementara itu, Kroasia tidak bisa diperkuat striker Bayern Munich Ivica Olic karena mengalami cedera paha. Pelatih Slaven Bilic sudah menyiapkan Nikica Jelavic sebagai pengganti.

Bek tengah Olympique Lyonnais Dejan Lovren dan gelandang Hamburg Ivi Illicevic tidak bisa tampil dalam pertandingan ini karena cedera. Namun, ada kabar baik karena bek Vedran Corluka sudah fit dan diharapkan bisa tampil sebagai starter. Jika betul demikian, maka kapten Dario Srna akan berposisi sebagai gelandang, bukan bek kanan.

Irlandia lebih baik dari Kroasia dari 6 pertemuan terakhir kedua negara, Irlandia berhasil memenangkan dua pertandingan, tiga kali seri, dan satu kali kalah atas Kroasia. Pada 1996, kedua tim bertemu dengan hasil akhir 2 – 2 dimana Slaven Bilic yang saat ini menjadi pelatih Kroasia, masih bermain pada pertandingan tersebut.

Kroasia sendiri hanya berada diposisi ke-dua dibawah Yunani dengan point 22 dari 10, meraih tujuh kemenangan, dua kali seri, dan dua kali kalah. Kroasia saat ini berada diposisi ke-delapan FIFA World Ranking. Sedangkan Irlandia sendiri berada diposisi ke-18 FIFA World Ranking.

Irlandia terakhir kali mereka bermain di turnamen besar adalah di Piala Dunia 2002 lalu. Bahkan untuk tingkat Piala Eropa, terakhir kali Irlandia berpartisipasi adalah 24 tahun silam. Sama saja dengan Kroasia, negara yang lebih sering berstatus sebagai kuda hitam di Eropa maupun dunia.

Namun, bukan berarti laga tersebut tidak menarik untuk disaksikan. Status tak diunggulkan yang disandang keduanya akan membuat laga berjalan menarik.

Berikut statistik hasil pertandingan seperti yang dikutip Goal.com

Head-To-Head Irlandia vs Kroasia:
11 Agu 2011 (UJI) Irlandia 0 - 0 Kroasia

Lima Pertandingan Terakhir Irlandia:
05 Jun 2012 (UJI) Hongaria 0 - 0 Irlandia
26 Mei 2012 (UJI) Irlandia 1 - 0 Bosnia
01 Mar 2012 (UJI) Irlandia 1 - 1 Republik Ceko
16 Nov 2011 (PPE) Irlandia 1 - 1 Estonia
12 Nov 2011 (PPE) Estonia 0 - 4 Irlandia

Lima Pertandingan Terakhir Kroasia:
03 Jun 2012 (UJI) Norwegia 1 - 1 Kroasia
26 Mei 2012 (UJI) Kroasia 3 - 1 Estonia
01 Mar 2012 (UJI) Kroasia 1 - 3 Swedia
16 Nov 2011 (PPE) Kroasia 0 - 0 Turki
12 Nov 2011 (PPE) Turki 0 - 3 Kroasia
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0007 seconds (0.1#10.140)