Polandia tercoreng di rumah sendiri

Kamis, 14 Juni 2012 - 09:51 WIB
Polandia tercoreng di rumah sendiri
Polandia tercoreng di rumah sendiri
A A A
Sindonews.com - Kerusuhan yang terjadi antara pendukung Polandia dan Rusia di Warsawa jelang laga, membuat wajah Polandia tercoreng karena ulah pendukungnya sendiri. Sebagai salah satu tuan rumah Piala Eropa 2012, kekerasan fans ini menjadi catatan sendiri bagi Polandia kedepannya.

Gesekan dan adu suara saat pertandingan Polandia dan Rusia harus diselesaikan dengan cara fisik.Tipologi budaya masyarakat Polandia dan Rusia yang sama-sama keras dan tak mau mengalah, mengakibatkan ketakutan penonton sepak bola dari negeri lain makin mencekam. Walau dampaknya belum terasa, Pemerintah Polandia melalui juru bicara Menteri Dalam Negeri Jacek Cichoki menyatakan malu atas kekerasan yang terjadi di Polandia.

Pemerintah Polandia berjanji, kekerasan semacam itu akan ditindak keras dan diupayakan tak akan terjadi selama sisa perhelatan empat tahunan Benua Biru tersebut. ”Kami sudah tahu akan adanya upaya-upaya oknumoknum ini. Mereka ingin mengganggu pesta sepak bola. Kerusuhan meledak. Untunglah polisi berhasil mencegah kerusuhan lebih lanjut,” kata Cichoki.

Hingga kini, baik pemerintah pusat Polandia, kepolisian di Polandia, dan UEFA yang mewakili pihak penyelenggara akan mendalami asal-muasal kekerasan tersebut. Investigasi kejadian ini akan dilakukan secara terbuka dari setiap pihak agar kerusuhan serupa tidak lagi terjadi di Polandia.

Seorang suporter bahkan merasa terkejut dengan aksi kekerasan ini, dan mengalami sedikit rasa traumatik. ”Seperti pawai datang di jembatan, hooligans Polandia berlari ke arah suporter Rusia.Terlihat mereka sudah menunggu. Peristiwa ini sangat mengerikan ditonton,” tutur saksi mata.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0607 seconds (0.1#10.140)