Jateng host triathlon Asia

Selasa, 24 Januari 2012 - 19:22 WIB
Jateng host triathlon Asia
Jateng host triathlon Asia
A A A
Sindonews.com - Jawa Tengah mendapat kepercayaan menyelenggarakan kejuaraan Asia Triathlon 2012. Kejuaraan yang rencananya diikuti 10 negara tersebut akan dipusatkan di Pantai Marina, Semarang, 26 Februari 2012.

Negara-negara yang telah menyatakan kesiapannya ambil bagian adalah Jepang, China, Korea, Singapura, dan Thailand. Selain ajang mengukir prestasi, ajang ini diharapkan mampu menjadi sarana promosi pariwisata Jawa Tengah.

Ketua Pengprov Triathlon Jawa Tengah Riza Kurniawan optimistis mampu menggelar kejuaraan internasional ini sesuai harapan. Apalagi, pihaknya telah melakukan presentasi ke Kementrian Pemuda dan Olahraga.

Hasilnya, Menpora Andi Mallarangeng memutuskan menunjuk Jawa Tengah sebagai penyelenggara kejuaraan Asia Triathlon 2012. Rencananya, Menpora juga akan turun sebagai peserta di even ini.

Dalam triathlon, ada tiga cabang olahraga yang akan dipertandingkan secara bergantian. Setelah peserta melakukan renang 750 meter, kemudian diharuskan bersepeda dengan jarak 20 kilometer.

Usai menempuh perjalanan dengan sepeda, di tahap akhir para peserta harus menyelesaikan lomba lari dengan panjang rute 5 km. Di even ini terdapat tiga kategori lomba, yakni army (polisi/TNI), umum, dan prefesional.

”Ini merupakan event triathlon internasional pertama yang diadakan di Jawa Tengah. Kami terus mematangkan persiapan. Sebab, kami tidak hanya mewakili Jawa Tengah saja, namun sekaligus Indonesia,” terangnya.

Selasa (24/1/2012), beberapa pengurus Pengprov Triathlon beserta anggota Komisi C DPRD Jateng mengecek lokasi yang akan dijadikan tempat penyelenggaraan. Dari hasil pantuan, ada beberapa item yang harus dibenahi sebelum even besar itu digelar. Salah satu contohnya adalah pembersihan di sekitar lokasi Pantai Marina.

''Selain itu, cuaca sering menjadi kendala. Ini juga harus bisa diantisipasi pihak panitia. Apalagi event ini merupakan gawe besar yang diikuti peserta dari negara lain,” ucap Asfirla Harisanto, anggota Komisi C DPRD Jawa Tengah.

Triathlon merupakan olahraga uji ketahanan fisik, terdiri dari tiga macam cabang olahraga yaitu renang, sepeda dan lari (maraton). Seorang Atlet harus menyelesaikan semuanya secara kontinyu per-stage, sehingga atlet yang memiliki mental, fisik dan kecerdikan akan berpeluang menjuarai olahraga ini. Pemenang olahraga triathlon dijuluki Ironman.

Triathlon diciptakan oleh Scott Tinley, pertama kali diperlombaan di Perancis pada kisaran tahun 1920an-1930an. Dalam bagian bersepeda, seorang atlet tidak boleh melakukan drafting atau berada di belakang pembalab lain dengan tujuan agar lebih ringan.

Aturan yang dipakai adalah individual time trial. Sehingga, catatan atlet dihitung berdasarkan waktu tempuh masing-masing individu. sundoyo hardi
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2948 seconds (0.1#10.140)