Beban berat Indonesia ke final kualifikasi

Senin, 30 Januari 2012 - 19:03 WIB
Beban berat Indonesia ke final kualifikasi
Beban berat Indonesia ke final kualifikasi
A A A
Sindonews.com - Sekjen PBSI Yakob Rusdianto mengungkapkan, hasil drawing kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2012 tidak menguntungkan Indonesia. Tim putra dan putri Indonesia harus bersiap menghadapi persaingan sengit di grup.

”Hasil drawing tadi (Senin, 30/1/2012) secara umum tidak terlalu menggembirakan. Beban persaingan tetap tinggi, terutama di fase berikutnya,” ungkap Yacob.

Peta persaingan menjadi berbeda dengan bergabungnya China di fase kualifikasi. Negeri Tirai Bambu seharusnya mendapatkan tiket final round otomatis karena berstatus juara bertahan dan tuan rumah.

Mengacu kepada hasil drawing Kualifikasi Thomas Cup, peluang Simon Santoso dkk keluar sebagai juara grup B terbuka lebar. Dia atas kertas, mereka lebih menjanjikan dari India yang berada di urutan delapan peringkat unggulan dengan nilai 148.721,13. Posisi lebih buruk dimiliki Singapura yang berada dua strip di bawah India dengan nilai 95.586,26.

Merah Putih nantinya berpotensi menghadapi juara atau runner-up grup D di fase knockout. Berdasarkan kalkulasi, Korea Selatan dan Malaysia diprediksi jadi wakil Grup D di fase knock out.

Mungkinkah Simon Santoso dkk bertemu Malaysia di fase knock out? Malaysia memang punya peringkat satu dunia Lee Chong Wei, tapi tunggal putra Korea Selatan lebih merata. Negeri Ginseng juga didukung kekuatan dua ganda berstatus big four dunia.

’’Untuk Thomas, kami akan bertemu wakil grup D. Kami yakin juara grup dan siap bersaing,” terangnya.

Hanya saja, kalkulasi sedikit berbeda dimiliki tim Uber Indonesia di Grup Y. Mereka memiliki power pada sektor ganda, namun komposisi tunggal relatif labil. Di atas kertas, ketiga tunggal Merah Putih terpaut jauh dari pesaing utama Thailand.

Bila lolos ke fase knockout berstatus runner-up, problem tim tetap berlanjut. Adriyanti Firdasari dkk akan menghadapi calon lawan grup W yang berpotensi dikuasasi China. Mereka unggul kelas dari India dan Malaysia. Negeri Tirai Bambu memiliki soliditas pada tunggal dan ganda dengan peringkat big three dunia.

”Peluang lolos ke final round secara umum tetap ada. Kami punya waktu guna mematangkan tim. Pemain memiliki komitmen dan siap bekerja keras di lapangan. Kami punya ekspektasi tinggi pada Thomas dan Uber Cup,” tandasnya. (Koran Sindo)

Drawing Grup Kualifikasi:

Piala Thomas
GRUP A : China, Taiwan, Vietnam.
GRUP B : Indonesia, India, Singapura, Macau.
GRUP C : Jepang, Thailand, Sri Lanka, Kazakhstan.
GRUP D : Korea Selatan, Malaysia, Hongkong.

Piala Uber
GRUP W : China, India, Malaysia.
GRUP X : Taiwan, Singapura, Vietnam.
GRUP Y : Thailand, Indonesia, Srilanka, Kazakhstan.
GRUP Z : Jepang, Hongkong, Macau.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1280 seconds (0.1#10.140)