Dispora Sumsel sokong Rp 5,25 miliar

Senin, 06 Februari 2012 - 17:00 WIB
Dispora Sumsel sokong Rp 5,25 miliar
Dispora Sumsel sokong Rp 5,25 miliar
A A A
Sindonews.com - Kontingen Sumatera Selatan (Sumsel) sedikit tenang dalam menyiapkan diri menyongsong PON XVIII/2012 di Riau. Para atlet Sumsel itu bisa fokus setelah ada kabar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel menyiapkan dana dukungan untuk PON XVIII/2012 di Riau sebesar Rp 5,25 miliar.

Kabar itu disampaikan Ketua Komisi V DPRD Sumsel Bihaqqi Soefyan. Bihaqqi mengatakan, untuk persiapan PON itu Pemprov Sumsel telah menyiapkan dana kontingen yang sudah disepakati pada rapat paripurna beberapa waktu lalu.

Saat ini, katanya, tinggal menunggu evaluasi dari Menteri Dalam Negeri terhadap anggaran tersebut yang dimasukkan dalam APBD Sumsel 2012. Ia menilai, anggaran untuk kontingen PON itu cukup dan telah ditanyakan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel.

Pada tahun anggaran 2012, Dispora Sumsel mendapatkan kucuran anggaran sebesar Rp 25,4 miliar yang terdiri atas belanja langsung dan tidak langsung. Rinciannya, katanya, belanja tidak langsung sebesar Rp 5,25 miliar dan belanja langsung Rp 20,2 miliar.

Politisi Partai Demokrat itu menjelaskan, pagu anggaran untuk kegiatan dukungan PON XVIII 2012 semula Rp 6 miliar, kemudian menjadi Rp 5,25 miliar atau berkurang Rp750 juta.

''Pengurangan anggaran sebesar Rp 750 juta itu dialihkan untuk penambahan dana kegiatan pusat pembinaan latihan pelajar (PPLP). Dengan begitu pagu anggaran kegiatan pusat pembinaan latihan pelajar semula Rp 310 juta menjadi satu miliar rupiah lebih karena ada tambahan (Rp 750 juta) tersebut,” katanya.

Di sisi lain, Wakil Ketua Biro Humas dan Media KONI Sumsel Asdit Abdullah mengatakan, pengeluaran KONI Sumsel pada 2012 akan mengalami peningkatan signifikan dari biasanya karena mengikuti PON XVIII.

''Bukan hanya biaya saat kontingen berada di Riau, tapi juga sudah mulai digunakan saat persiapan kontingen seperti pemusatan latihan dan berbagai fasilitas kelengkapan kontingen,” katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Komisi V DPRD Sumsel Edward Jaya mengatakan, DPRD Sumsel akan menganggarkan dana minimal Rp 100 miliar untuk KONI Sumsel.

Menurut dia, jumlah itu sangat wajar mengingat banyaknya agenda yang akan dilakukan KONI Sumsel pada tahun 2012 ini.

''KONI Sumsel membawahi semua cabang olahraga di Sumsel, jadi perlu dibantu dengan anggaran yang relatif besar. Apalagi setelah SEA Games, Sumsel memiliki target menjadi pusat olahraga nasional dan regional,” kata dia.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5178 seconds (0.1#10.140)