Garuda muda temukan keseimbangan

Rabu, 08 Februari 2012 - 05:50 WIB
Garuda muda temukan keseimbangan
Garuda muda temukan keseimbangan
A A A
Sindonews.com - Tim nasional (timnas) U-21 mulai menunjukkan langkah positif. Dari lima laga uji coba yang telah dijalani, keseimbangan tim mulai terasa.
Dari lima laga uji coba yang telah dilewati, skuad asuhan Widodo C Putro itu belum sekalipun menelan kekalahan.

Pertama, timnas U-21 berhasil menekuk timnas U-17 dengan skor telak, 3-0. Di laga uji coba kedua saat bertemu Jakarta FC, berhasil menang, 1-0. Sementara dua laga uji coba kontra Persikabo Bogor U-21 dan Persikabo U-21 gabungan senior, masing berakhir dengan kemenangan, 2-0, dan 1-0.

Sedangkan di partai terakhir uji coba yang telah dilalui, timnas muda Merah Putih ditahan imbang dengan skor kaca mata oleh Makasar United. Walau hanya bermain imbang, Widodo mengaku puas dengan apa yang telah dipertontonkan Yosua Pahabol dkk.

Hasil itu bisa menjadi modal bagi Garuda muda menjelang tampil di turnamen Sultan Hasanah Bolkiah Trophy di Brunei Darussalam, 27 Februari sampai 5 Maret mendatang.

"Evaluasi dari semua uji coba yang sudah kami jalani, saya menilai sudah bagus. Walau memang masih ada kekurangan di mana-mana. Dan kekurangan demi kekurangan tersebut, akan terus kami evaluasi," ungkap Widodo, Selasa (7/2).

Dari lima laga uji tanding yang telah dijalani, enam gol mampu diceploskan timnas muda Merah Putih. Walau menurut Widodo masih kurang meyakinkan, mantan pelatih Persela Lamongan tersebut menilai sudah terlihat keseimbangan dalam tim asuhannya.

Tapi Widodo tidak mau langsung menilai jika lini pertahanan timnas U-21 yang dikawal Nurmufid Fastabiqul Khoirut dkk sudah bagus. Tapi, dari fakta yang terlihat, baik lini depan dan lini pertahanan timnas U-21 mampu mempelihatkan performa tim yang bagus.

"Memang masih banyak kekurangan di sana-sini. Tapi kalau dilihat dari tidak pernah kemasukan dan jumlah gol yang dibuat, ada keseimbangan disana. Tapi, tidak kebobolan tersebut bukan berarti lini belakang tim kami bagus. Kesimpulannya tetap akan banyak evaluasi," papar Widodo.

Selain sudah mendapatkan keseimbangan tim, pelatih yang juga mantan pemain timnas Indonesia era 1990 itu menjelaskan ada beberapa pemain yang mampu memperlihatkan peningkatan penampilan. Widodo pun menilai, jika pemain-pemain bisa dipromosikan ke timnas U-23.

’’Ada beberapa pemain yang sejauh ini mampu mempertontonkan peningkatan permainan. Mereka pun bisa dipromosikan ke timnas U-23. Tapi siapa-siapa saja pemain tersebut, saya tidak bisa sebutkan nama-namanya," jelas Widodo.

"Dari mana saya bisa menilai seperti itu? Saya melihat mereka memiliki skill ball, improvisasi permainan yang bagus. Selain itu, mereka juga mampu memperlihatkan bentuk kerja sama tim yang mampu meningkatkan kinerja tim sendiri," tambah pelatih berusia 41 tahun tersebut.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5756 seconds (0.1#10.140)