Maung antisipasi cuaca ekstrem Wamena

Jum'at, 10 Februari 2012 - 04:15 WIB
Maung antisipasi cuaca ekstrem Wamena
Maung antisipasi cuaca ekstrem Wamena
A A A
Sindonews.com - Cuaca dingin ditengarai akan menjadi salah satu faktor nonteknis yang dapat memengaruhi penampilan Maung Bandung – julukan Persib – di tanah Papua. Bila skuad arahan Drago Mamic bertanding di sana, butuh tiga minggu untuk adaptasi cuaca.
Ujian awal Persib saat melawat ke tanah Papua adalah menghadapi Persiwa Wamena (15/2). Posisi Wamena yang lokasinya tidak jauh dari Gunung Jayawijaya dengan cuaca ekstrem kerap membuat tim yang berkunjung mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan cuaca yang dingin itu.

Arsitek Persib berencana untuk membawa 20 pemainnya dalam tur Papua tersebut. Sebanyak 20 pemain itu, kata Mamic, akan menjadi amunisi dalam dua pertandingan tandang melawan.

’’Ini membuat saya berpikir. Setelah saya baca koran, didalamnya bercerita jika 5 hari untuk adaptasi di sana. Tapi, itu tidak cukup. Butuh tiga minggu mengingat hemoglobin sangat berpengaruh terhadap darah. Minimal 3 minggu untuk adaptasi di cuaca dingin,” kata pelatih asal Kroasia itu, Kamis (9/2).

Cuaca seharusnya tidak menjadi masalah bila pemain bermain dengan penuh semangat. Setidaknya, dengan bermain penuh semangat, tim Persib dapat bermain ngotot dan cuaca yang tidak biasa ini akan memengaruhi kreativitas bermain.

’’Kita akan melakukan yang terbaik sepanjang pertandingan nanti,” tegas Mamic.

Jika Mamic mengeluh butuh waktu tiga minggu untuk adaptasi di Wamena, maka sangat tidak mungkin untuk merealisasikannya. Setelah laga terakhir melawan Pelita Jaya Karawang di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (5/2) otomatis Persib punya waktu selama 10 hari untuk mempersiapkan strategi dan taktik.

’’Setiap tim datang 5 hari sebelumnya, tapi saya pikir itu tidak cukup,” katanya.

Namun demikian, Mamic berharap pasukannya dapat memberikan kemampuan terbaik untuk menghadapi tim berjuluk Badai Pegunungan itu.

’’Kita harus tampil maksimal dan berusaha mencuri poin dari Persiwa atau Persipura,” terangnya.

Target tentu mematok tiga poin. Akan tetapi, meski demikian hasil imbang juga tidak buruk bagi Persib mengingat lawannya adalah Persiwa dan Persipura. Adapun kekuatan lawan yang akan dihadapi, Mamic bergeming bila tim yang dihadapi merupakan para pemain yang pantas untuk diwaspadai.

’’Saya tahu tim ini sedang diatas kita. Mereka tim kuat saatnya kita mencoba yang terbaik untuk pertemuan kali ini. Kita harus mengambil sesuatu di pertandingan nanti,” jelasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5605 seconds (0.1#10.140)