Skill dasar Andik cs masih lemah

Sabtu, 11 Februari 2012 - 19:19 WIB
Skill dasar Andik cs...
Skill dasar Andik cs masih lemah
A A A
Sindonews.com – Kekalahan tim nasional (timnas) U-21 oleh Hyundai Mipo Dolphin FC dengan skor 0-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat malam (10/2) langsung dievaluasi.

Jajaran tim pelatih timnas U-21 menganggap uji coba tersebut menjadi modal bagus bagi Andik Vermansyah dkk sebelum bertarung di turnamen Sultan Hassanal Bolkiah Trophy.

’’Ini jadi uji coba yang sangat bagus untuk tim kami. Ini yang kami harapkan, bisa melawan tim yang memiliki kualitas permainan di atas kami. Akan banyak evaluasi yang pastinya akan kami lakukan setelah ini," ungkap pelatih timnas U-21 Widodo C Putro di Kantor PSSI, Jakarta.

Ada beberapa fokus evaluasi yang akan dilakukan mantan pelatih Persela Lamongan tersebut. Yang paling utama akan dilakukan adalah membenahi proses transisi dari menyerang dan bertahan.

Menurut Widodo, skuad asuhannya masih terlalu terpaku dengan arah bola. Kondisi itu, malah sering kali membuat anak asuhnya kehilangan posisi.

Namun, ada beberapa hal positif yang bisa diambil dalam uji coba kali ini menurut Widodo. Lawan uji coba yang tangguh, atmosfer pertandingan yang sesungguhnya bisa dirasakan dalam uji coba yang dimainkannya kali ini sebelum mengikuti turnamen Sultan Hassanal Bolkiah Trophy di Brunei Darussalam, 27 Februari sampai 5 Maret mendatang.

’’Ini jadi uji coba yang sangat bagus untuk kami. Kami dapatkan semuanya di sini. Atmosfer pertandingan, tekanan-tekanan dari yang kelasnya sangat baik, membuat pemain merasakan kesulitan di dalam lapangan. Ini harus kami akui karena selama ini kami tidak pernah dapatkan tim uji tanding seberat ini sebelumnya," papar Widodo.

Setelah ini, Garuda muda masih akan menjalani dua uji tanding lanjutan di Yogyakarta. Di sana, timnas U-21 akan dihadapkan dengan Persiba Bantul, (15/2) dan tim Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), (18/2). Dua uji coba tersebut menjadi dua laga pemantapan terakhir sebelum bertolak ke Brunei.

Sementara itu, pelatih Hyundai Chon Min-kook menyampaikan, jika kekurangan timnas U-21 ada di skill (kemampuan) dasar dalam mengolah si kulit bundar. Namun, walau bisa memenangi pertandingan, menurut Chon, kondisi timnya masih tidak maksimal.

’’Ada kekurangan di kemampuan dasar. Ini sangat disayangkan. Padahal saat saya berkesempatan datang untuk kali pertama ke Indonesia, pemain-pemain timnas Indonesia dikenal memiliki skill permainan yang bagus," kata Chon Min-kook.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7398 seconds (0.1#10.140)