Dua atlet Sulsel berharap tembus timnas

Jum'at, 24 Februari 2012 - 20:55 WIB
Dua atlet Sulsel berharap tembus timnas
Dua atlet Sulsel berharap tembus timnas
A A A
Sindonews.com - Tim polo air Sulawesi Selatan (Sulsel) yang saat ini mengikuti Kejuaraan Nasional (kejurnas) Polo Air U-19 di Jawa Barat tak memasang target juara umum.

Namun, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) berharap dari kejuaraan tersebut akan ada atlet polo air putri Sulsel yang dilirik tim nasional (timnas).

Kejurnas yang digelar di kolam renang Tirta Lega, Bandung, 22-25 Februari ini sekaligus merupakan ajang seleksi nasional untuk persiapan timnas menuju ke kejuaraan Asia di Kazakhstan. PRSI Sulsel berharap minimal dua atletnya akan dilirik untuk mengikuti persiapan kejuaraan asia pasifik tersebut.

’’Kami berharap atlet kami bisa menjadi yang terbaik di kejurnas ini. Namun, jika memang tak mampu untuk menjadi yang terbaik, kami berharap akan ada satu atau dua atlet kami yang akan dilirik timnas untuk persiapan mengikuti kejuaraan internasional polo air,” ungkap Wakil Ketua Pembinaan Prestasi Atman Amir, Jumat (24/2).

Menurutnya, PRSI mengandalkan dua atlet polo air putri Sulsel yang dinilai memiliki kans besar untuk bisa ditawari ke timnas. Dua atlet tersebut yakni Valeri Geraldine dan Istiqoma.

’’Dua atlet ini kami harapkan akan mampu menarik perhatian tim seleksi karena memang keduanya memiliki kemampuan yang kami anggap memadai untuk ke timnas,” terangnya.

Atman mengatakan, para 12 atlet polo air yang mengikuti kerjunas tersebut merupakan atlet binaan PRSI dari klub Persatuan Renang (PR) Paotere. Klub ini diminta untuk mewakili Sulsel pada kejurnas yang diikuti lima daerah tersebut.

Di kejurnas tersebut, Sulsel kembali menghadapi tuan rumah. Dari catatan tiga kali pertandingan, tim polo air Sulsel telah baru sekali mengantongi kemenangan yakni saat pertama menghadapi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tim Sulsel harus mengakui keunggulan dari dua tim lawannya yakni DKI Jararta dan Jambi.

’’Kejurnas ini hanya diikuti lima daerah dengan sistem kompetisis. Jadi nantinya semua tim akan bertanding satu sama lain dan mengumpulkan poin terbanyak. Kita baru sekali menang dan dua kali menelan kekalahan dari tiga pertandingan awal,” jelas Atman.

Atman berharap, kejuaraan ini akan menjadi ajang untuk menambah pengalaman para atlet untuk mengasah kemampuannya. Apalagi, lanjutnya, Sulsel belum begitu banyak memiliki atlet polo air putri.

’’Dengan kejuaraan ini para atlet akan mendapatkan pengalaman yang lebih dan meningkatkan kemampuannya. Semoga nantinya akan lahir atlet muda berbakat dari berbagai even yang mereka ikuti,” harapnya.

Sulsel sendiri belum mampu meloloskan tim polo ari putrinya ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII September mendatang. Sulsel hanya meloloskan tim putra ke pesta olahraga terbesar nasional empat tahunan ini.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel Ad’din berharap pembinaan yang terus menerus dilakukan PRSI terhadap tim polo air ini. Dia berharap pembinaan di kelompok-kelompok umur akan menajdi jalan melahirkan bibit atlet baru polo air.

’’Apalagi memang kita kekurangan atlet polo air putri. Untuk bisa mendapatkan atlet yang baik tentu harus terus meningkatkan pembinaan dari usia dini,” pungkasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5788 seconds (0.1#10.140)