Main lepas aja, Garuda

Rabu, 29 Februari 2012 - 07:14 WIB
Main lepas aja, Garuda
Main lepas aja, Garuda
A A A
Sindonews.com - Tim nasional (timnas) Indonesia bertekad mencuri angka saat dijamu Bahrain di National Stadium, Manama, nanti malam. Walau peluang Indonesia sudah tertutup, Ferdinand Sinaga dkk menjanjikan tampil ngotot.

Pelatih Indonesia Aji Santoso mengakui, jika peluang timnya untuk bisa berbuat banyak di Bahrain cukup berat. Untuk itu, mantan pemain dan pelatih Persebaya Surabaya itu tidak ingin membebani skuad asuhannya. Aji ingin anak-anak asuhannya tersebut tampil bebas tanpa beban.

"Saya tidak inginkan tim kami tampil penuh beban. Saya menginstruksi mereka untuk tampil lepas, tidak perlu berpikir hasil akhir seperti apa. Tapi yang pasti, harus tetap tampil penuh motivasi dan semangat juang yang tinggi," ungkap Aji.

Selain meminta timnya untuk tampil lepas, Aji berharap laga kontra Al Ahmar, julukan Bahrain, bisa jadi ajang uji tanding untuk skuad asuhannya. Hal itu mengingat, banyak dari komposisi tim yang dimilikinya masing berusia muda dan minim pengalaman di partai-partai internasional.

"Tim kami banyak diisi oleh pemain-pemain muda dan juga sangat minim pengalaman. Malahan ada beberapa pemain yang baru masuk timnas. Laga nanti memang sudah tidak lagi menentukan, tapi tentu sangat ada hal lain yang bisa kami dapat dan itu juga penting," papar Aji.

"Laga nanti kami nilai sebagai ajang untuk mengasah mental para pemain muda yang ada di skuad kami saat ini. Tentu hal itu jadi salah satu faktor utama yang juga kami incar," sambung pelatih yang membawa timnas Indonesia meraih medali emas di SEA Games 1991 Manila, Filipina.

Keyakinan bisa memberikan hal terbaik dalam laga nanti juga disampaikan jangkar lini pertahanan timnas Merah Putih, Abdulrahman. Pemain belakang Semen Padang (SP) itu juga mengamini apa yang disampaikan Aji, untuk bermain lepas tanpa beban.

"Tidak ada beban bagi kami untuk menjalankan laga nanti. Kami para pemain juga diminta untuk bermain lepas tanpa beban oleh pemain. Yang kami fikirkan saat ini adalah, kami tidak ingin begitu saja kalah demi membela Merah Putih," papar Abdulrahma.

Pemain yang membawa timnas U-23 meraih perak di SEA Games 2011 menyatakan, jika satu-satunya masalah yang didapat saat ini hanyalah kondisi cuaca yang dingin. Tapi hal itu akan coba diadaptasi dengan secepat mungkin, setelah menjalankan beberapa hari adaptasi di Bahrain.

Adapun strategi yang akan digunakan dalam laga nanti menurut Abdulrahman, adalah bagaimana cara bisa menutup ruang gerap para pemain Bahrain. Sementara itu untuk membuka peluang, para pemain timnas Merah Putih akan melakukan beberapa serangan balik yang bisa menggebrak lini pertahanan Al Ahmar.

"Kami diminta bermain tertutup, jangan melebar supaya lewat tidak leluasa bermain di lini pertahanan kami. Untuk membuka peluang, kami diminta untuk lakukan beberapa terobosan-terobosan agar mampu membongkar pertahanan lawan," tandas Abdulrahman.

Perkiraan Pemain:

Bahrain (4-4-2) ;
Sayed Mohammed Jaffer (gk); Mohamed Husain, Saleh Abdulhameed, Dawood Saad, Abbas Ayyad; Hamad Rakea, Abdullah Omar, Faouzi Aaish, Mahmood Abdulrahman; Ismail Abdul Latif, Mohammed Al Alawi
Pelatih ; Peter Taylor

Indonesia (4-4-2) :
Samsidar (gk); Abdulrahman, Gunawan Dwi Cahyo, Wahyu Wijiastanto, Diego Michiels; Ferdinand Sinaga, Hengki Ardiles, Slamet Nurcahyo, Andi Muhammad Guntur; Irfan Bachdim, Samsul Arif.

Pelatih : Aji Santoso
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2631 seconds (0.1#10.140)