Menagih utang gol Jairon

Kamis, 05 April 2012 - 04:38 WIB
Menagih utang gol Jairon
Menagih utang gol Jairon
A A A
Sindonews.com - Putaran kedua IPL bakal menjadi saat paling berat bagi striker Persibo Jairon Feliciano. Bagaimana tidak, ia bakal mendapat tekanan berat karena harus menghadapi 'serangan' suporter yang terus menginginkan dia angkat kopor dari Bojonegoro.
Rasa frustrasi suporter fanatik Persibo ini sebenarnya sangat beralasan. Jairon sebagai striker utama justru kalah dibandingkan striker lokal, jika dihitung dari produktivitas gol. Logikanya, apa gunanya memakai striker asing yang harganya lebih mahal jika kemampuannya kalah dengan pemain lokal?

Jairon jelas banyak berutang dan harus melunasi hutangnya di putaran kedua nanti. Pelatih Paulo Camargo ngotot mempertahankannya di Stadion Letjen H Soedirman walau sempat ada sejumlah pemain yang seleksi. Penyerang Brasil itu sangat beruntung masih tenteram di Persibo.

Padahal di klub lain, striker yang hanya mencetak dua-tiga gol saja sudah didepak dari tim, contohnya Andrew Barisic yang harus angkat kaki dari Persebaya Surabaya. Tak ada pilihan, Jairon harus mengobati kegusaran suporter yang menganggapnya tak lebih dari pelengkap di tim.

Seandainya Jairon semakin terpuruk, maka ia bisa kehilangan posisinya di tim utama karena di belakangnya sudah mengintip dua striker lokal yang siap diberi jam terbang lebih, yakni Wahyu Teguh dan Bijahil Chalwa. Malah suporter sudah menyiratkan keinginan melihat trisula full lokal di lini depan.

Hitung-hitungannya, Samsul Arif yang sekaligus pemimpin tim digeser menjadi striker tengah yang diapit Nur Iskandar, Bijahil Chalwa maupun Wahyu Teguh. Tapi skenario itu agaknya sulit karena Paulo Camargo membutuhkan striker tengah dengan postur lebih besar untuk berdual dengan bek lawan.

Sementara, tak kalah menarik adalam menunggu bagaimana bintang-bintang baru dilahirkan dari rahim Laskar Angling Dharma. Pada putaran pertama lalu, publik sudah disuguhi rising star macam Nur Iskandar, Sigit Miko Susanto, hingga Novan Setya. Selain itu masih ada beberapa calon bintang yang antri diorbitkan.

Selain Wahyu Teguh yang sudah mendapat porsi lumayan di tim inti, masih ada Bijahil Chalwa (striker), Syahroni (gelandang serang), Happy Kurniawan (kiper), atau Aulia Tri Hartanto dan Hary Syahputra. Melihat kejelian Paulo Camargo mencium potensi pemain, mereka bisa saja mulai diorbitkan di putaran kedua mendatang.

Walaupun sebenarnya cukup riskan juga bagi mantan pelatih Sao Paulo itu untuk menurunkan pemain muda. Sebab dengan besarnya tekanan di putaran kedua IPL ia harus mempercayakan kepada pemain yang berpengalaman. Satu-satunya pilihan untuk memberi porsi pada pemain muda adalah Piala Indonesia.

''Pelatih menganggap semua pemain di tim Persibo mempunyai potensi besar dan bisa menjadi pemain bagus. Tentang bagaimana mereka nanti mendapatkan kesempatan, itu akan menjadi wewenang pelatih sepenuhnya. Yang pasti target kami jelas, harus ada pemain muda yang masuk timnas,” jelas Asisten pelatih Wanderley Junior.

Persibo sendiri menjadi tim paling progresif di putaran pertama IPL jika berbicara soal pemilihan pemain. Tanpa banyak mempertahankan pemain lama di tim, Camargo bisa menjaga keseimbangan, sekaligus mencuatkan beberapa nama yang sebelumnya tak terdengar di blantika sepak bola nasional.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6607 seconds (0.1#10.140)