Latih timnas senior, Nil Maizar siapkan terobosan

Rabu, 11 April 2012 - 19:29 WIB
Latih timnas senior, Nil Maizar siapkan terobosan
Latih timnas senior, Nil Maizar siapkan terobosan
A A A
Sindonews.com - Pelatih Semen Padang (SP) Nil Maizar siap membesut tim nasional (timnas) senior Indonesia. Jika benar-benar ditunjuk, pelatih berusia 41 tahun ini akan mempersiapkan beberapa terobosan untuk melahirkan timnas yang solid.

Setelah ditetapkannya Wim Rijsbergen, sebagai Direktur Teknik (Dirtek) timnas Merah Putih, belum ada lagi pelatih tetap di timnas senior. Walaupun sempat posisi timnas senior dipegang Aji Santoso, saat timnas Merah Putih menjalani laga-laga terakhir di Kualifikasi Pra Piala Dunia (PPD) 2014 Brasil Zona Asia Grup E.

PSSI pun mulai kembali fokus untuk mencari sosok terbaik untuk menukangi timnas senior. Nil Maizar menjadi kandidat terkuat yang dipersiapkan federasi sepak bola tertinggi Indonesia tersebut. Pelatih kelahiran 2 Januari 1970 ini, menyatakan kesiapannya untuk membesut timnas senior.

"Saya siap jika memang dipercaya untuk menukangi timnas senior. Tapi saat ini saya masih terikat kontrak dengan Semen Padang. Jika manajemen Semen Padang menyetujui keinginan PSSI untuk menempatkan saya sebagai pelatih timnas, saya siap jika dipercaya," ungkap Nil Maizar.

Nil Maizar sendiri menyatakan, jika sampai saat ini dirinya belum melakukan proses lebih jauh soal rencana PSSI menempatkan dirinya sebagai pelatih timnas. Tapi, dalam pengakuannya, sampai saat ini PSSI terus berkomunikasi dengannya soal rencana di posisikannya dirinya sebagai juru taktik timnas Merah Putih.

"Sampai saat ini memang belum ada persetujuan kontak, karena saya juga masih menunggu persetujuan dari manajemen Semen Padang. Tapi sampai saat ini, PSSI memang selalu malakukan komunikasi dengan saya soal rencana mereka untuk posisi pelatih timnas senior," paparnya.

Walau belum secara resmi akan menukangi timnas Merah Putih, Nil Maizar sudah memiliki beberapa formula untuk membentuk timnas yang solid. Sejauh ini, ada empat aspek penting yang dikedepannya, jika nantinya benar-benar diberi tugas menempa para pemain timnas senior.

Pertama, kualitas pemain seperti tehnik dan mental bertanding jadi aspek utama. Kedua, bagaimana pemain-pemain tersebut menunjukan kualitasnya di dalam lapangan. Ketiga, Nil Maizar ingin melihat kesungguhan PSSI dalam menjalankan program-program timnas kedepannya. Dan aspek penting terakhir menurutnya adalah, kelengkapan data base pemain-pemain timnas itu sendiri.

"Jika keempat aspek yang saya inginkan bisa berjalan dengan baik, Insya Allah kita akan memiliki timnas yang kondusif dan solid nantinya. Tapi itu tidak akan semudah membalikan telapak tengah, karena semua pihak harus bisa bekerja sama mewujudkan hal ini bersama-sama," terang Nil Maizar.

Ada diposisi pertama Nil Maizar sebagai pelatih timnas senior juga diakui kordinator timnas Indonesia, Bob Hippy. Pria yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut berpendapat, jika Nil Maizar adalah salah satu pelatih lokal yang memiliki kualitas di atas rata-rata. Jadi apa yang direncanakan PSSi terkait Nil Maizar, juga sudah dipikirkan secara matang.

"Nil Maizar adalah pelatih lokal yang memiliki kualitas melatih yang bagus. Saya rasa, hanya ada beberapa pelatih lokal yang memiliki kualitas melatih yang baik seperti Nil Maizar. Saat ini, saya sedang usahakan untuk meminta izin kepada manajemen Semen Padang. Kami ingin, Nil Maizar bisa fokus untuk menukangi timnas senior," terang Bob.

"Yang terpenting saat ini adalah, Nil Maizar sudah menyatakan kesiapannya secara lisan kepada PSSI. Jika kami dapat izin dari manajemen Semen Padang, baru kami akan bertindak lebih jauh soal rencana kami menempatkan Nil Maizar sebagai pelatih timnas senior," sambungnya.

Biodata Nil Maizar :

Nama Lengkap: Nil Maizar

Nama Panggilan: Nil Maizar

Tanggal Lahir: 2 Januari 1970

Usia : 41 Tahun

Negara: Indonesia

Karir ; - Asisten Pelatih Semen Padang
- Pelatih Kepala Semen Padang
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4649 seconds (0.1#10.140)