Jaga kans duel Spanyol v Portugal di final

Jum'at, 20 April 2012 - 08:20 WIB
Jaga kans duel Spanyol v Portugal di final
Jaga kans duel Spanyol v Portugal di final
A A A
Sindonews.com – Atletico Madrid memperbesar peluang merebut lagi trofi Liga Europa di musim ini. Pasukan Los Rojiblancos menjejakkan satu kaki di final setelah melumat Valencia 4-2 pada leg pertama semifinal Liga Europa di Stadion Vicente Calderon dini hari tadi.

Sayang, kemenangan Atletico belum menjamin terjadinya final sesama tim Spanyol. Pasalnya, wakil Spanyol lainnya, Athletic Bilbao dipaksa mengakui keunggulan duta Portugal, Sporting Lisbon dengan skor 1-2. Jika ingin menjaga kans duel sesama Spanyol di final, Bilbao harus memforsir kemenangan dengan selisih dua gol di leg kedua pekan depan.

Dalam laga di Stadion Vicente Calderon, Radamel Falcao mencuri perhatian dunia lewat sumbangan dua gol yang membuat Atletico ada kans mengulang sukses kampiun Liga Europa musim 2010. Falcao membuka pesta kemenangan Los Indios–julukan lain atletico Madrid—pada menit ke-18. Satu gol tambahan striker yang dijuluki El Tigre itu dilesakkan pada menit ke-78.

Dalam posisi tertinggal 1-0, Valencia merespons gol Falcao melalui Jonas untuk menyamakan skor 1-1 di menit terakhir babak pertama. Memasuki babak kedua, pasukan Los Indios alias sang Indian bermain frontal untuk memaksakan kemenangan. Empat menit setelah babak kedua berlangsung, Miranda memberikan harapan bagi fans Los Indios lewat gol sundulan yang merobek jala El Che –julukan Valencia.

Senyum para fans Atletico makin mengembang setelah Adrian Lopez memperbesar margin kemenangan menjadi 3-1 melalui golnya pada menit ke-54. Falcao menghentakkan jala Valencia untuk kali kedua setelah ia melakukan tendangan indah pada menit ke-78 untuk menjadikan Atletico unggul 4-1. Ricardo Costa mencetak gol hiburan bagi Valencia pada empat menit masa injury time untuk memperkecil kekalahan 2-4.

Donasi dua gol dini hari tadi menambah pundi-pundi perbendaharaan gol Falcao menjadi 32 musim ini di semua ajang. Total, El Tigre mencetak 23 gol dari 23 penampilan di Liga Europa, termasuk 10 gol musim ini. Koleksi 10 gol Falcao menyejajarkan Falcao dengan striker Schalke Klass-Jan Huntelaar di daftar top skor sementara Liga Europa musim ini.

Di Lisbon, Diego Capel menjadi hero bagi Sporting Lisbon saat meredam Athletic Bilbao 2-1. Capel mencetak gol pada menit ke-80 sekaligus memperbesar harapan Sporting tampil di final. Emiliano Insua mencetak angka pada menit ke-76 untuk menyamakan skor 1-1.

Bilbao sempat mengejutkan tuan rumah ketika Jon Aurtenetxe menjebol gawang Sporting pada menit ke-54. Hasil positif itu memperpanjang rekor kemenangan Sporting menjadi 12 beruntun di Europa.

"Tim menderita dengan absennya (Ander) Herrera,’’kata pelatih Athletic Bilbao Marcelo Bielsa. ’’Kami harus menang di kandang, tapi itu mungkin tidak akan mudah meraihnya.’’

Bentrok leg kedua bagi pada Kamis pekan depan akan sangat menentukan bagi keempat untuk meraih tiket ke final yang akan dihelat di Bucharest, Rumania, pada 9 Mei mendatang.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3517 seconds (0.1#10.140)