Jurgen Klopp, software sukses Dortmund

Senin, 23 April 2012 - 08:55 WIB
Jurgen Klopp, software sukses Dortmund
Jurgen Klopp, software sukses Dortmund
A A A
Sindonews,com - Ibarat sebuah komputer, software dan hardware Borussia Dortmund bekerja sangat bagus di Bundesliga dalam dua musim terakhir. Gelar 2010/2011 dan 2011/2012 membuktikan kerja sama yang apik antara Pelatih Juergen Klopp dan para pemain.

Sebagai otak Die Schwarzgelben, Klopp membuat Robert Lewandowski dkk layaknya Der Panzer di Piala Dunia 2006, Euro 2008, dan Piala Dunia 2010. Di Signal Iduna Park,tidak ada satu pun orang yang meragukan kemampuan Klopp dalam menyatukan talenta pemain-pemain Dortmund. Pria yang biasa disapa Kloppo itu tergolong sosok yang sangat dekat dengan pemain maupun suporter.

Meski saat aktif sebagai pemain tidak pernah merumput di Signal Iduna Park,suporter Dortmund telah menganggap Klopp sebagai salah satu legenda.Klopp dinilai sejajar dengan Ottmar Hitzfeld, pelatih yang memberi Dortmund Deutschmeister 1994/1995, 1995/1996,dan Liga Champions 1996/1997.

”Di kota ini (Dortmund), semua orang membicarakan sepak bola. Orang sangat gila dengan olahraga ini. Faktor itulah yang membuat adrenalin saya mendidih.Saya tidak memiliki kata-kata untuk menggambarkannya. Saya hanya ingin memberikan sesuatu yang dapat dikenang warga kota ini,” kata Klopp, pada sebuah kesempatan, dikutip Deutsche Welle.

Klopp menjadi pelatih Dortmund sejak 2008. Di bawah arahannya, Dortmund tergolong klub Bundesliga yang sukses melahirkan pemain muda berbakat. Berkat Klopp, Mats Hummels, Kevin Grosskreutz, Marcel Schmelzer, Mario Goetze, serta Sven Bender berhasil menarik hati Joachim Loew.

Klopp juga berhasil memunculkan bintang-bintang baru dari luar Jerman. Sebut saja Lucas Barrios (Paraguay), Nuri Sahin (Turki), Shinji Kagawa (Jepang), serta Robert Lewandowski, Lukasz Piszczek, Jakub Blaszczykowski (Polandia). Direktur Olahraga Michael Zorc sempat menyebut keputusan Dortmund mempekerjakan Klopp sebagai perjudian.

Alasannya,latar belakang pengalaman Klopp yang hanya pernah menukangi klub medioker Mainz 05. Namun, berkat insting para petinggi klub, Zorc menjelaskan berhasil mendesak Direktur Umum Hans- Joachim Watzke dan Presiden Reinhard Rauball untuk memercayai bakat Klopp. Setelah empat tahun berselang,Zorc mengatakan Klopp adalah perjudian terbaik Dortmund.

”Awalnya banyak yang ragu. Namun, seiring waktu,Klopp mampu menjawab keraguan itu menjadi keyakinan. Hasilnya, chemistry kami (Zorc, Watzke, dan Klopp) sangat bagus. Kami saling mengisi. Kami bekerja sama dengan sangat baik.Tentu saja hal ini bisa terjadi karena Klopp memang sosok pelatih hebat.Dia sangat berbakat,”kata Zorc.

Jika pada Euro 2012, Jerman gagal menjadi juara dan Loew menerima surat pemecatan, pelatih yang dinilai paling layak mengisi posisi tersebut adalah Klopp.
Sejak musim lalu, sejumlah media maupun pengamat sepak bola pas layak menggantikan Loew. Tidak ada yang meragukannya. Selain prestasi, gaya main Dortmund pada dua musim terakhir tidak beda dengan Der Panzer.

”Terlalu dini menyebut Klopp akan menjadi pelatih timnas selanjutnya. Sejauh ini, Loew bekerja dengan baik. Selain itu, Dortmund juga sangat membutuhkan tenaga Klopp. Saya harus memberi penilaian, memang hanya Klopp yang menjadi pengganti Loew. Saya yakin dia akan mampu membawa Jerman juara,”pungkas Zorc.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8434 seconds (0.1#10.140)