Sejarah Bilbao tembus final Liga Europa

Jum'at, 27 April 2012 - 10:15 WIB
Sejarah Bilbao tembus final Liga Europa
Sejarah Bilbao tembus final Liga Europa
A A A
Sindonews.com – Athletic Bilbao berhasil melaju ke final Liga Europa setelah menang 3-1 atau agregat 4-3 atas Sporting Lisbon di leg kedua semifinal dini hari tadi di Estadio San Mames.

Kemenangan itu membalas kekalahan 1-2 di leg pertama. Dalam laga tersebut, Bilbao langsung tampil menyerang.Alhasil pada menit ke-17, Markel Susaeta membuat publik tuan rumah bergemuruh setelah mencetak gol dengan tendangan voli setelah memanfaatkan umpan dari Fernando Llorente.

Namun, memasuki menit ke-40, publik Bilbao terdiam setelah Sporting mampu menyamakan kedudukan melalui sepakan keras Ricky van Wolfswinkel yang tak mampu dibendung kiper Bilbao, Gorka Iraizoz.

Kubu tuan rumah kembali bernapas lega saat Ibai Gomez menaklukkan kiper Sporting, Rui Patricio dengan sontekkannya setelah menerima umpan dari Llorente di masa injury time babak pertama. Hingga peluit panjang dibunyikan skor 2-1 (agregat 3-3) tak berubah.

Memasuki babak kedua Bilbao kembali mengambil inisiatif untuk menyerang. Namun, hingga pertengahan babak kedua kubu tuan rumah tak juga berhasil mencetak gol.

Akhirnya pada menit ke-88, Bilbao mendapat gol kemenangan melalui sontekan Llorente usai memanfaatkan umpan datar dari Gomez yang tak mampu dijangkau kiper Patricio. Kedudukan 3-1 tak berubah hingga wasit meniupkan peluit panjang.

Kemenangan itu membuat anak asuh Marcelo Bielsa meraih tiket ke final Liga Europa yang akan dihelat pada 9 Mei mendatang di Bucharest National Arena. Ini merupakan laga final pertama bagi Bilbao sejak berformat Liga Europa. Sebelumnya Los Leones sempat mencapai final pada musim 1976-1977 saat masih berformat UEFA Cup. Namun Bilbao gagal setelah di kalahkan Juventus.

’’Kami telah membuat Sejarah dan kami berjarap akan terus melanjutkannya. Saya sangat senang dapat mencapai final. Kami berharap bisa memenangkan pertandingan tersebut. Ini merupakan target kami,” ungkap Llorente seperti dikutip Canal Plus, Jumat (27/4/2012).

Pada partai puncak tersebut Bilbao akan menghadapi Atletico Madrid yang sebelumnya menyingkirkan Valencia dengan agregat 5-2.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7618 seconds (0.1#10.140)
pixels