Vilanova si next Guardiola

Sabtu, 28 April 2012 - 14:50 WIB
Vilanova si next Guardiola
Vilanova si next Guardiola
A A A
Sindonews.com – Pengunduran diri pelatih Barcelona Josep “Pep” Guardiola pada akhir musim nanti, membuat manajemen Barca menunjuk Tito Vilanova untuk menukangiEl Azulgrana pada musim mendatang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Barcelona Sandro Rosell dalam jumpa pers kemarin, saat Guardiola memberikan pernyataan resmi mengenai pengunduran dirinya, Jumat (27/4/2012).

“Terima kasih untuk Guardiola. Dia adalah pelatih terbaik dalam sejarah klub Barcelona. Tito Vilanova adalah pelatih yang ditunjuk untuk menggantikan Guardiola,” ujar Rosell seperti dikutip di situs resmi klub FC Barcelona, Sabtu (28/4/2012).

Nama Vilanova sendiri memang masih terdengar asing di telinga pecinta sepak bola dunia, namun bagi publik Barca, namanya cukup dikenal. Pasalnya, dia telah setia mendampingi Guardiola sebagai asisten pelatih selama empat tahun.

Pria bernama lengkap Francesc Vilanova i Bayó itu, sempat bergabung bersama akademi sepakbola Barca pada tahun 1984, selama empat tahun bergabung. Dia akhirnya masuk ke dalam skuad Barcelona B.

Sayang, selama dua musim membela Barca B, dia tak mampu menunjukkan penampilan yang cemerlang, sehingga dia terpaksa harus melanjutkan karirnya di klub lain. Tercatat tujuh klub pernah dia singgahi, seperti Figueres, Celta, Badajoz, Mallorca, Lleida, Elche dan Gramenet.

Akhirnya, pada tahun 2002, dia memutuskan untuk pensiun. Vilanova kemudian melanjutkan karirnya sebagai pelatih di tahun 2007 dengan menjabat sebagai assisten pelatih Barcelona B, mendampingi Guardiola yang pada saat itu menjabat sebagai pelatih.

Pada tahun 2008, Guardiola naik pangkat saat menggantikan Frank Rijkard di kursi kepelatihan Barcelona. Pelatih asal Spanyol itu pun meminta Vilanova kembali menjadi assistennya.

Selama empat tahun menjadi Assisten Guardiola di Barca, pria asli Catalan itupun akhirnya naik pangkat di musim depan sebagai pelatih kepala Barca setelah Guardiola menyatakan mundur di akhir musim nanti.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5391 seconds (0.1#10.140)