Pendukung Rusia dipulangkan dari Piala Eropa 2012

Sabtu, 16 Juni 2012 - 20:11 WIB
Pendukung Rusia dipulangkan...
Pendukung Rusia dipulangkan dari Piala Eropa 2012
A A A
Sindonews.com - Buntut dari bentrokan yang terjadi antara pendukung Rusia dan Polandia pada Selasa 12 Juni 2012 yang lalu, dua pendukung tim berjuluk beruang merah terpaksa harus dipulangkan ke negaranya karena keterlibatan mereka pada keributan itu.

"Dua pendukung berkewarganegaraan Rusia telah meninggalkan wilayah Polandia. Dimana pemulangan itu dilakukan hari, Jumat (15/6/2012)," jelas jurubicara Gubernur Warsawa, Ivetta Biay.

Sekira 200 pendukung ditangkap setelah kerusuhan pecah di antara dua kubu suporter menjelang pertandingan dimulai. Dari mereka yang ditangkap, pihak kepolisian juga memberikan hukuman berupa denda sekira 115 euro dan lima bulan penjara kepada pendukung yang melakukan kekerasan dijalan.

Kerusuhan itu memiliki latar belakang sejarah dan politik masa lampau. Warga Polandia sendiri belum bisa melupakan tragedi berdarah pada 1940 di mana ribuan tawanan negara itu dibunuh di Katyn oleh pasukan Uni Soviet pada musim semi. Hal inilah yang diduga menjadi pemicu pada kerusuhan tersebut, dimana provokasi dimulai dari pendukung Rusia.

UEFA juga kabarnya telah memberikan sanksi kepada federasi sepakbola Rusia, dan mereka mengutuk segala kekerasan yang terjadi dilingkungan sepakbola. Padahal, jauh hari sebelum pertandingan, para petinggi Polandia dan Rusia sudah berupaya keras meredam kemungkinan bentrok antar suporter.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3795 seconds (0.1#10.140)