Perjudian McLaren mengubah moncong

Jum'at, 11 Mei 2012 - 10:09 WIB
Perjudian McLaren mengubah moncong
Perjudian McLaren mengubah moncong
A A A
Sindonews.com - McLaren melakukan perjudian jelang GP Spanyol, Minggu (13/5). Mereka memutuskan mengubah desain mobil MP4-27 di bagian depan setelah menjalani sesi latihan di Mugello, Italia.

Tim asal Inggris itu sengaja melakukan rencana besar tersebut setelah tergeser dari rival terkuatnya, Red Bull Racing (RBR). Setelah menjalani empat seri musim ini,McLaren tak lagi menempatkan pembalapnya, Lewis Hamilton, menempati posisi teratas. Mereka pun gagal mendominasi klasemen konstruktor setelah dipecundangi RBR.

Di klasemen sementara pembalap, Sebastian Vettel (RBR) makin mantap di posisi teratas dengan torehan 53 poin atau unggul empat angka atas Hamilton di posisi kedua. RBR pun menunjukkan taji mereka dengan menguasai klasemen sementara konstruktor dengan 101 poin atau unggul sembilan angka atas McLaren di posisi kedua. Fakta itu membuat McLaren tak memiliki pilihan selain melakukan perubahan jelang seri kelima tersebut.

Mereka akan mengubah desain mobil bagian depan, terutama moncongyang akan terlihat lebih tinggi di Sirkuit Catalunya nanti. Tim Principal McLaren Martin Whitmarsh mengatakan,perubahan mendasar itu belum 100% efektif. Sebab, perubahan itu baru dilakukan dalam serangkaian uji coba di Mugello.

Pihaknya akan mengetahui kemajuan dari pengembangan itu saat menjalani latihan bebas di Catalunya,pekan ini. Namun,Whitmarsh antusias pengembangan itu akan mendapatkan hasil optimal.Apalagi,Hamilton dan Jenson Button memiliki catatan waktu lebih baik setelah menggunakan komponen baru bagian depan tersebut.“Perubahan itu baru bisa dilihat hasilnya saat balapan nanti.

Tapi,saya optimistis pembalap kami akan terbiasa mengendarainya,”cetus Whitmarsh, dilansir Autosport. Ketika disinggung model baru McLaren mengikuti Ferrari,Whitmarsh lekas menampik.Dia mengaku perubahan itu tak sebatas mengikuti tren,tapi lebih dilandasi kepentingan McLaren agar laju MP4-27 lebih cepat dari sebelumnya.

Menurut dia,komponen baru itu akan membantu pembalap McLaren saat mengendarai MP4-27.Betapa tidak,komponen itu bisa mengatur sirkulasi angin dari depan menuju belakang mobil.“Sayap depan lebih rendah dan moncong yang lebih tinggi memang terbukti bagus saat kami menjalani latihan di Mugello.Pada dasarnya, perubahan kecil itu yang kami lakukan,”ujarnya.

Dia berharap perubahan itu tak akan berujung efek samping.Sebab,pihaknya tak memiliki waktu banyak dalam menguji konsistensi bagian depan tersebut. Whitmarsh hanya antusias laju MP4-27 akan lebih cepat dari sebelumnya. ''Kami sepakat jika laju mobil bisa lebih cepat. Sayang, kami belum mengetahui tim lain melakukan apa jelang balapan. Yang jelas, kami siap memberikan performa terbaik di balapan nanti,”cetus Whitmarsh.

Sementara RBR tak ingin terpancing dengan pengembangan yang dilakukan McLaren. Mereka berupaya fokus mengantisipasi segala kemungkinan saat balapan. Apalagi, mereka ingin melanjutkan dominasi di GP Spanyol,pekan ini. “Memang,bukan pekerjaan mudah.Tapi, kami berupaya keras mewujudkan target juara di Catalunya,”pungkas Vettel.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5799 seconds (0.1#10.140)