Persebaya berharap Soler fit lawan Persibo

Kamis, 24 Mei 2012 - 08:00 WIB
Persebaya berharap Soler fit lawan Persibo
Persebaya berharap Soler fit lawan Persibo
A A A
Sindonews.com - Ancaman absennya sejumlah pemain pilar, bukan menjadi alasan bagi Persebaya untuk gagal meraih poin penuh saat menjamu Persibo Bojonegoro dalam lanjutan Indonesia Primer League (IPL) di Stadion Gelora 10 Nopember, Minggu (27/5) medantang. Sebab, kondisi tim Persibo juga lebih parah dibandingkan Bleduk Ijo.

Persebaya memang sudah dipastikan akan kehilangan tiga pemain pilar saat laga derby Jatim itu. Dua pemain, gelandang Taufiq dan kiper Endra Prasetya masih memperkuat Timnas Senior di Palestina. Sedangkan, Andik Vermansyah juga tidak akan diturunkan karena dua kali tampil melawan Inter Milan, yaitu memperkuat Indonesia Selection, Kamis (24/5) dan Timnas U-23, Sabtu (26/5).

Selain tiga pemain itu, Persebaya juga dibuat cemas setelah striker asal Argetina Fernando Soler tertimpa cedera pasca laga uji coba menghadapi Negeri Sembilan FA. Sebenarnya, Persebaya juga kehilangan satu pemain lagi yaitu Fastaibul yang juga terpanggil memperkuat Timnas U-23 melawan Inter Milan. Namun, Fasta bukan tergolong pemain pilar karena jarang ditampilkan.

Kondisi ini bukan jadi alasan bagi Pelatih Divaldo Alves untuk gagal mengamankan tiga poin di kandang sendiri. Sebab, kondisi Persibo tak jauh beda dengan Persebaya. Bahkan bisa dibilang lebih kritis, karena empat pemain memperkuat Timnas Senior. Yaitu M. Nur Iskandar, Jajang Paliama, Samsul Arif, dan Novan Setyo Sasongko.

Tidak hanya itu, satu pemain Persibo yaitu Sigit Meiko Susanto,juga dipanggil untuk mengikuti Timnas U-23. Bukan hanya Persibo lebih banyak kehilangan pemain daripada Persebaya, tapi dua lini depan, yaitu Samsul dan Nur Iskandar merupakan pemain kunci di lini depan. Keduanya merupakan mesin gol andalan. Nur Iskandar sudah mengemas 10 gol dan Samsul membukukan enam gol.

Manajer Persebaya, Saleh Hanifah mengakui jika kehilangan Andik Vermansyah maupun Taufiq tidak membuat kekuatan timnya ada di bawah Persibo, "Lawan juga kehilangan pemain pilar. Kondisi kita sama, jadi tidak ada masalah meski Andik harus absen, " ujarnya.

Ucapan Saleh ini bisa jadi menjadi peringatan buat Pelatih Divaldo untuk tidak mencari alasan gagal mengamankan tiga poin. Sebab, hanya dengan kemenangan Persebaya bisa kembali membuka jalur perebutan gelar juara IPL. Saat ini Persebaya masih berada di peringkat keenam dengan mendulang 22 poin,

Sementara itu Pelatih Divaldo Alves masih berharap Fernando Soler pulih dari cedera sebelum laga melawan Persibo. Apalagi setelah fisioterapis Persebaya, M Yanizar. mengatakan kemungkinan besar pemain berusia 34 tahun itu bisa diturunkan saat menghadapi Laskar Angling Dharma. "Kabar dari fisioterapis, dia mungkin bisa turun. Peluangnya fifty-fifty," ujar Divaldo.

Dengan masih tersisa waktu empat hari, kondisi Soler dipatikan bakal lebih baik. Meski tidak dalam kondisi 100 persen fit, kemungkinan tetap akan dipaksa main. "Masih ada waktu, untuk memulihkan kondisi Soler. Tenaganya sangat kita butuhkan untuk melawan Persibo. Kita berharap dia bisa main, " ujar pelatih asal Portugal ini.

Wajar jika Divaldo tidak rela kehilangan Soler. Sebab, meski baru bergabung di pertengahan musim, mantan PSIS Semarang itu mencetak delapan gol di semua ajang. Empat diantaranya di kompetisi Indonesian Premier League (IPL). Saat ini, Soler adalah mesin utama Persebaya untuk melumpuhkan dan mengoyak jala lawan.

Jika harus absen, maka Persebaya hanya punya dua striker, yakni Miko Ardiyanto. dan Feri Ariawan. Sebenarnya Feri juga sudah mengemas 4 gol, namun penampilannya masih labil. "Kita sudah pasti kehilangan Andik, tidak ada masalah jika Soler bisa tampil, " ucapnya.

Terkait pemanggilan dua pemain asing Otavio Dutra dan Mario Karlovic yang memperkuat Indonesia Selection melawan Inter, Divaldo tidak terlalu mempermasalahkan. Sebab, keduanya hanya main sekali, yaitu 25 Mei, "Setelah itu keduanya langsung balik, kecuali Andik, " pungkasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1037 seconds (0.1#10.140)