De Oranje harus bangkit

Rabu, 30 Mei 2012 - 10:51 WIB
De Oranje harus bangkit
De Oranje harus bangkit
A A A
Sindonews.com - Setelah Belanda dipermalukan Bulgaria 1-2, Bert van Marwijk meminta para pemain membenahi diri. Dia tidak mau De Oranje menuai kekalahan lagi saat laga uji coba.

Van Marwijk mengatakan sangat kecewa dengan hasil pertandingan persahabatan yang dilakoni Robin van Persie dkk. Apalagi, dari empat pertandingan persahabatan yang digelar, Belanda hanya mengemas satu kemenangan. Sisanya, dua kekalahan dan satu hasil imbang. Menurut dia, itu bukan catatan yang bagus, apalagi jika mengingat sebentar lagi mereka akan ambil bagian di Euro 2012.

''Saya tidak puas dengan laga persahabatan yang kami mainkan. Hasilnya sangat buruk. Jika kami terus seperti ini,ini bisa membahayakan diri kami sendiri nantinya di Euro 2012,” ujar Van Marwijk, dilansir Radio Netherlands.

Dini hari nanti, Belanda akan menjamu Slovakia pada laga persahabatan di De Kuip Rotterdam. Van Marwijk berharap pasukan perangnya bisa belajar banyak dari kekalahan sebelumnya agar mereka bisa memenangkan pertandingan ini. Dia juga meminta agar seluruh penggawa tim tidak meremehkan kekuatan Slovakia yang sebelumnya mereka kalahkan 2-1 pada babak 16 besar Piala Dunia 2010.

Pelatih berusia 60 tahun tersebut mengatakan sekarang kekuatan Slovakia sudah mengalami banyak kemajuan.Jadi, jika mereka melakukan kesalahan sekecil apa pun, itu bisa merugikan mereka sendiri. Yang jelas,Van Marwijk ingin pasukannya tampil sempurna.

''Awal Maret 2012 Slovakia berhasil menaklukkan Turki 2-1. Turki adalah tim yang hebat dan mereka mampu menjinakkannya. Jadi, tidak menutup kemungkinan mereka juga bisa menaklukkan kami. Karena itu, yang harus kami lakukan adalah bermain dengan baik. Kami tidak boleh memberikan kesempatan kepada mereka,” sebut Van Marwijk.

Pada Euro 2012 nanti persaingan akan lebih ketat. Apalagi, Belanda tergabung di Grup B bersama Jerman, Denmark, dan Portugal. Ini akan menjadi penyisihan grup yang begitu tangguh.

Jadi, mereka harus bisa menampilkan permainan maksimal.Sebelum akhirnya terbang ke Polandia-Ukraina, Belanda masih memiliki dua laga persahabatan yang tersisa.Dini hari nanti menghadapi Slovakia dan pada awal Juni menghadapi Irlandia Utara.Dua laga tersebut menjadi persiapan akhir timnya jelang Euro 2012.

''Kami memang masih memiliki beberapa kekurangan. hal-hal yang harus kami perbaiki. Kesempatan untuk melakukan itu jelas masih ada karena kami masih memiliki dua pertandingan persahabatan lagi. Jika kami bisa menang dalam dua laga tersebut,saya yakin kekuatan kami akan luar biasa di Euro mendatang,” sebutnya.

Sementara itu, kapten timnas Belanda Mark van Bommel meminta pelatihnya untuk tetap tenang. Dia menegaskan tidak ada satu pun di antara para pemain yang senang dengan kekalahan dari Bulgaria, Minggu (27/5).

Dia menyebut teman-temannya juga sangat kecewa dengan hasil tersebut.Yang sebenarnya diinginkan para pemain adalah menang, apalagi jika mereka bermain di kandang sendiri. ''Kami semua akan memperbaikinya. Kami akan bermain lebih baik lagi saat menjamu Slovakia.Kami akan memberikan semua yang kami bisa,” ujar Van Bommel.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2039 seconds (0.1#10.140)