Polandia siagakan 10.000 aparat

Rabu, 06 Juni 2012 - 08:18 WIB
Polandia siagakan 10.000 aparat
Polandia siagakan 10.000 aparat
A A A
Sindonews.com – Siapa pun yang menjadi tuan rumah sebuah event berskala akbar, persoalan keamanan menjadi semacam tantangan bagi tuan rumah.

Polandia siap mengerahkan semua kemampuan aparat keamanannya demi kesuksesan perhelatan Piala Eropa 2012. Harus diakui, membuat acara berjalan lancar tanpa gangguan bukanlah perkara mudah. Pemerintah Polandia menjadikan keamanan merupakan hal yang paling krusial diperhatikan. Selain wajib menyiapkan venue dengan baik, mereka harus memberikan jaminan kepada pengunjung kalau negara mereka aman. Masalah keamanan ini menjadi tantangan paling berat bagi Polandia.

Mereka sudah memikirkan segala kemungkinan yang akan terjadi sepanjang Piala Eropa 2012 digelar. Banyaknya fans dari berbagai negara tentu bisa menjadi pemicu masalah. Mereka juga harus mengantisipasi ancaman terorisme. Itu sebabnya Polandia diwajibkan meningkatkan keamanannya.

“Sejauh ini tidak ada tanda-tanda adanya ancaman baik dari dalam maupun luar. Namun, kami sudah menyiapkan semuanya dengan agar Piala Eropa 2012 ini berjalan dengan aman,” ujar Presiden Polandia Bronislaw Komorowski seusai melakukan pertemuan dengan dewan keamanan nasionalnya, dilansir kantor berita Polandia, PAP.

Komorowski sudah memerintahkan seluruh anggota keamanan negaranya untuk ambil bagian, entah itu di jalur darat ataupun udara. Semuanya sudah diberikan aba-aba untuk selalu siaga. Mereka pun berusaha menjalankan tugas dengan baik.

“Kami sudah mendapat perintah tentang peningkatan keamanan selama Piala Eropa. Semuanya sudah dipersiapkan dengan baik. Kami sudah menyiapkan pesawat militer untuk mencegat, mengidentifikasi, memandu, dan memaksa pesawat yang mencurigakan untuk mendarat. Selain itu, kami sudah menyediakan senjata api sebagai upaya terakhir untuk menghancurkan mereka,” ungkap Jenderal Angkatan Udara Polandia Lech Majewski.

Polandia melibatkan 3.300 personel keamanan udara selama Piala Eropa 2012 ini. Mereka juga menyiapkan 9.000 pasukan cadangan untuk mencegah halhal yang tidak diinginkan. Namun jika ditotal, secara keseluruhan akan ada 10.000 aparat keamanan yang diturunkan. Itulah penjelasan Kepala Polisi Polandia Marek Dzialoszynski.

“Yang paling menjadi perhatian kami adalah perilaku pendukung di tempat umum. Kami tidak mau ada hal-hal buruk yang terjadi. Untuk itu, kami wajib meningkatkan keamanan kami. Kami menurunkan 10.000 aparat, dan ini menjadi yang terbesar dalam sejarah kepolisian Polandia,” pungkas Dzialoszynski. (wbs)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7091 seconds (0.1#10.140)