Persib gelar latihan lari lintas alam

Senin, 17 September 2012 - 13:19 WIB
Persib gelar latihan lari lintas alam
Persib gelar latihan lari lintas alam
A A A
Sindonews.com - Persib Bandung kembali menggelar latihan lari lintas alam pada Selasa 18 September 2012 mendatang. Sejauh ini, lari lintas alam dilakukan skuad Persib di wilayah bumi perkemahan Cikole Lembang. Namun lokasi akan diganti dengan tempat yang lebih rekreatif yakni di kawasan Dago, Bandung.

Sebelumnya lari lintas alam sudah dilakukan sebanyak dua kali yakni pada Rabu 12 September 2012 dan Sabtu 15 September 2012 lalu. Menurut pelatih fisik Persib Dino Sefriyanto, lari lintas alam tersebut telah membawa perkembangan cukup baik pada kondisi pemainnya mengingat skuad Persib sudah lama tak berlatih usai Indonesia Super League (ISL) musim 2011-2012 berakhir.

Dino mengakui bahwa program latihan fisik yang dirancangnya pada masa pra kompetisi kali ini dinilai berat untuk para pemain. Menurut Dino, 70-80 persen kebutuhan para pemain sepak bola adalah daya tahan. Sedangkan faktor lainnya yakni power, strenght, dan lain-lain sebagai penunjang. Karena itu dipilihlah latihan lintas alam dengan 3 tahapan yang berbeda.

“Latihan lari ini bebannya sebanding dengan lari maraton. Kita mulai kan dari 7 kilometer, kedua jarak 10 kilometer, dan terakhir 15 kilometer. Metodenya interval training, sistemnya piramid, dari yang terpendek ke yang tertinggi,” terang Dino, Senin (17/9/2012).

Untuk dua kali latihan lari lintas alam sebelumnya Persib memilih daerah Lembang yang mempunyai kualitas udara yang baik. Namun, Jajang memilih latihan ketiga di kawasan Dago. “Supaya pemain kita tidak jenuh dengan lokasinya. Kita ingin cari suasana yang berbeda,” kata Jajang.

Setelah latihan dilaksanakan selama dua minggu, program latihan fisik yang dirancang para pelatih Persib memang tak lepas dari saran penasehat teknik Indra Thohir. Pria yang pernah melatih sekaligus membawa juara Liga Indonesia pertama untuk Persib itu dikenal sebagai sosok yang mengutamakan daya tahan fisik pemain dalam menghadapi kompetisi.

Otomatis, persiapan Persib musim ini berbeda dibanding dengan persiapan musim lalu. Saat ditangani pelatih asal Kroasia, Drago Mamic, Persib mengawali pra kompetisi dengan latihan fisik yang minim.

Sampai saat ini, Dino menambahkan, para pemain Persib bisa melaksanakan instruksinya dengan baik. Dia optimis jika semuanya berjalan lancar, hasilnya bisa dipetik dalam kompetisi musim depan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7007 seconds (0.1#10.140)