Fisik Ayu Fani dikritik Yayuk Basuki

Senin, 10 Desember 2012 - 11:47 WIB
Fisik Ayu Fani dikritik Yayuk Basuki
Fisik Ayu Fani dikritik Yayuk Basuki
A A A
Sindonews.com - Mantan petenis nasional, Yayuk Basuki memberikan masukan kepada juniornya, Ayu Fani Damayanti. Menurut Yayuk, Ayu Fani membutuhkan pemulihan fisik secara serius jika ingin ditampilkan dalam tim nasional Piala Federasi, Februari mendatang.

"Ayu Fani fisiknya dalam keadaan tidak prima. Kalau akan ditampilkan di timnas Piala Federasi, Februari mendatang, dia harus melakukan pemulihan fisik yang baik terlebih dahulu,"ujar Yayuk di Jakarta, kemarin.

Hal itu dikatakan Yayuk setelah menyaksikan kegagalan Ayu menjuarai Turnamen Tenis Internasional Sportama Martina Widjaja Championship 2012. Ayu Fani gagal menyandingkan gelar ganda putri yang diraihnya bersama Lavinia Tananta setelah kalah dari Lu Jia Jing, 6-1, 4-6, 5-7 di Lapangan Tenis Gelora Bung Karno, Senayan, kemarin.

Yayuk yang turut menyaksikan pertandingan itu mengatakan, saat Ayu unggul 5-2 set ketiga, tampak nyata bahwa Ayu sudah tidak bisa mengontrol pikirannya akibat fisiknya yang tak prima.

"Kondisi fisiknya sudah tidak mendukung untuk berpikir. Karena itulah, pentingnya petenis menjaga konsistensi bermain sebagai seorang pemain profesional. Sejak selesai SEA Games, dia sangat jarang ikut turnamen dan katanya pulang ke Bali. Dia pun mengaku sudah lama tidak bermain,"ungkapYayuk.

Yayuk menambahkan, kemampuan berpikir seorang pemain sangat ditentukan oleh stabilnya kondisi fisik. Dalam kaitan dengan Ayu, Yayuk mengumpamakan tubuh Ayu sebenarnya tengah memberontak, tetapi pikirannya tak mampu mengimbangi.

"Saat kritis seperti itu,dia sudah tak bisa lagi berpikir harus berbuat apa. Berbeda dengan Lu Jia Jing, dia begitu konsisten mengikuti sirkuit internasional. Inilah bukti kalau seorang pemain profesional harus rutin dan konsisten ikut turnamen. Mereka juga harus disiplin memelihara fisik,"ujar Yayuk.

Yayuk menyarankan agar Ayu setidaknya mengikuti tiga turnamen internasional untuk menjaga fisik dan psikisnya. Permintaan Yayuk itu seharusnya dipertimbangkan PP Pelti, apalagi Ayu merupakan salah satu petenis andalan di timnas Piala Federasi Indonesia nanti.
(wir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6508 seconds (0.1#10.140)