Teka-teki pengganti Ferguson

Kamis, 03 Januari 2013 - 09:49 WIB
Teka-teki pengganti Ferguson
Teka-teki pengganti Ferguson
A A A
Sindonews.com - Sir Alex Ferguson memang telah memutuskan melatih Manchester United (MU) hingga dua tahun ke depan.Namun,siapa yang bakal menggantikan posisinya sebagai juru taktik The Red Devils tetap menarik diperbincangkan.

Menurut kabar yang dilansir Givemefootball,diyakini MU telah membidik empat pelatih top Eropa, mereka adalah Jose Mourinho (Real Madrid),Josep Guardiola (eks pelatih Barcelona), Antonio Conte (Juventus), David Moyes (Everton) hingga Ole Gunnar Solksjaer (Molde). Siapa pun tidak akan meragukan kapasitas yang dimiliki oleh Mourinho.

Pelatih berkebangsaan Portugal tersebut merupakan satu-satunya pelatih yang mampu meraih gelar di empat liga berbeda di Eropa.The Special One bahkan mampu mempersembahkan dua gelar Liga Champion bersama FC Porto (2003/2004) dan Inter Milan (2009/2010).

Begitu juga dengan Pep Guardiola, pelatih berusia 41 tahun tersebut telah menorehkan prestasi sensasional bersama Barcelona.Dalam periode 2008–2012,Guardiola mampu mempersembahkan 14 gelar bergengsi bagi El Azulgrana diantaranya dua Liga Champion (2008/2009,2010/2011). Guardiola juga mempunyai kemiripan dengan Fergie yakni mempercayakan para pemain muda potensial.

Berbeda dengan pelatih di atas,Moyes memang belum ada apa-apanya.Meski demikian, pelatih berusia 49 tahun tersebut mampu membuat Everton menjadi tim yang disegani kendati tidak memiliki banyak pemain berkategori bintang.Selain itu,faktor pertemanan dan asal negara yang sama membuat peluang Moyes untuk membesut MU terbilang cukup terbuka.

Salah satu sumber terpercaya di MU mengungkapkan bahwa Fergie sangat mengagumi gaya kepelatihan yang telah diterapkan Moyes.“Pembicaraan mengenai ketertarikan MU terhadap Guardiola masih prematur.Sebenarnya Fergie memiliki dua pilihan yang disukai, yakni Mourinho dan Moyes.Fergie memang mengagumi Jose,namun dirinya khawatir dengan caranya menghadapi media.Hal tersebut bisa membuat Jose lebih besar dari klub.sedangkan Moyes adalah rekan senegara sekaligus teman dekatnya.Fergie sangat mengagumi gaya kepelatihan Moyes yang mampu menyulitkan timnya selama bertahuntahun,” ungkap sumber tersebut dilansir footballfancast.com.

Kandidat terakhir adalah Solksjaer. Memang dia belum menunjukkan kiprah yang mencolok dalam karier kepelatihannya. Namun,keberhasilannya membesut tim junior MU plus dua gelar liga Norwegia yang ia persembahkan bagi Molde cukup menggambarkan potensi yang dimilikinya.Selain itu,Solksjaer merupakan mantan pemain yang cukup lama bekerja sama dengan Fergie.Hal tersebut tentu tidak akan membuatnya kesulitan karena telah mengenal luar dalam klub yang membesarkan namanya.

“Saya pikir,pelatih top selalu banyak yang menginginkannya.Guardiola, Mourinho,David Moyes,dan masih banyak lagi pelatih sukses di luar sana.Saya tak tahu apa rencana mereka. Tapi,siapa tahu mereka akan berada di sini (MU) dua atau tiga tahun ke depan,”kata Ferguson dilansir Goal.com.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6202 seconds (0.1#10.140)