Johan Cruyff pensiun melatih

Kamis, 03 Januari 2013 - 11:42 WIB
Johan Cruyff pensiun melatih
Johan Cruyff pensiun melatih
A A A
Sindonews.com - Setelah sekian lama berkecimpung di sepak bola, legenda Belanda Johan Cruyff akhirnya memutuskan untuk tidak lagi terlibat dalam manajemen sepak bola. Keputusan itu diambilnya setelah membawa Tim Katalan yang dilatihnya meraih hasil imbang 1-1 dengan Nigeria di Estadi Cornella El Park, Rabu (2/1/2013) waktu setempat.

Pasukan Katalan sempat unggul terlebih dulu berkat gol yang dicetak Sergio Gonzalez di menit ketujuh lewat tendangan penalti. Namun, kemenangan itu dibuyarkan dengan gol penyeimbang Nigeria yang dicetak Onazi Ogenyi. ’’Saya tidak melihat akan melatih lagi,”katanya usai pertandingan seperti dikutip Aljazeera, Kamis (3/1/2012).

’’Masih banyak hal yang bisa saya lakukan, jadi jangan khawatir kalau saya akan bosan."

Sebelum pertandingan dia mengaku bangga dengan etos kerja yang diperlihatkan pemainnya. Para pemain bangga mengenakan kostum Katalan dan memperlihatkan dari mana mereka berasal. Semua atlet harus memiliki sikap tersebut," kata Cruyff.

Pria berusia 65 tahun itu juga pernah mengutarakan alasannya menolak untuk berbicara dengan bahasa Katalan ketika melakukan wawancara meski telah tinggal di Barcelona selama 40 tahun.

’’Saya tidak pernah melakukan wawancara dengan bahasa Katalan karena tidak ingin memudahkan kerja para jurnalis. Saya berharap mereka kesulitan dalam mengenal saya, bukan sebaliknya," lanjutnya.

Cruyff termasuk pemain legenda di regional timur utara Spanyol. Ia berhasil menyabet gelar pertama sepanjang sejarah Barcelona di Piala Champions. Delapan tahun menangani Barcelona, dia berhasil membawa timnya mendominasi La Liga selama empat musim yakni tahun 1991 sampai 1994.

Cruyff mengawali karir kepelatihannya dengan menangani Ajax Amsterdam selama tiga tahun (1985-1988). Ketika aktif sebagai pemain Cruyff menjadi pemain kunci membawa Belanda ke final Piala Dunia 1974 dan memenangi Ballon d'Or tiga kali.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8035 seconds (0.1#10.140)