Sumsel tuan rumah kejuaraan dunia triathlon

Jum'at, 04 Januari 2013 - 16:55 WIB
Sumsel tuan rumah kejuaraan dunia triathlon
Sumsel tuan rumah kejuaraan dunia triathlon
A A A
Sindonews.com - Kesuksesan Sumatera Selatan menggelar berbagai kejuaraan berlabel nasional dan internasional disambut positif. Sebagai buktinya, Sumsel bakal menghelat kejuaraan dunia triathlon di kawasan Jakabaring Sport City (JSC), Palembang.

Rencananya, even yang merupakan agenda resmi dari federasi triathlon dunia itu akan dilaksanakan pada 28 maret mendatang. Hal itu dikemukakan oleh Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel, Aidit Aziz.

Menurut mantan asisten III Pemprov Sumsel ini, pada kejuaraan dunia triathlon itu nanti diperkirakan bakal diikti oleh sekitar para atlet dari 30 negara. Akan tetapi dijelaskannya, tidak seluruh atlet bisa mengikuti even ini, karena dari informasi yang diterimanya atlet yang boleh bertanding harus memiliki peringkat secara dunia.

"Ya, itu merupakan ketentuan yang dikeluarkan oleh International Triathlon Union (ITU) sebagai federasi triathlon dunia. Dengan begini maka diharapkan kualitas pertandingan bakal lebih meningkat lagi, karena atlet-atlet yang turun pada kejuaraan itu telah teruji baik secara kualitas maupun pengalaman,"harapnya.

Mengenai lokasi tempat pertandingan, mantan kepala Banpora Sumsel ini menjelaskan jika pelaksanaan kejuaraan itu akan digelar di seputar kawasan Jakabaring Sport City (JSC), Palembang. Karena menurut dia JSC cukup representatif dan memenuhi kriteria yang dibutuhkan untuk melaksanakan tiga cabang olahraga seperti renang, sepeda dan lari yang akan dipertandingkan tersebut.

"Rencananya di JSC, karena di sana lokasinya cukup luas untuk menggelar balap sepeda dan lari, paling agak keluar sedikit lah. Selain itu juga terdapat danau untuk berenangnya. Tinggal lagi nanti kita akan memasang dock start yang rencananya akan ditempatkan di depan venue menembak,"jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel, Syaidina Ali menambahkan, untuk jumlah peserta diperkirakan bakal mencapai 500 orang. Dengan kriteria peserta yakni top atlet triathlon Asia dan dunia, atlet triathlon dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) se Indonesia. Kemudian atlet army se ASEAN serta atlet triatlhon yunior se Indonesia.

"Kejuaraan ini rencananya akan diberi nama South Sumatera Internastional Triathlon Champ 2013. Dengan memperebutkan total hadiah uang tunai sebesar USD125 ribu,"tuturnya.

Ditambahkannya, pada kejuaraan ini akan diperlombakan tiga kategori seperti triathlon (renang, lari, sepeda), aquathlon (renang dan lari) dan duathlon (renang dan sepeda).
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5406 seconds (0.1#10.140)