Rotasi pemain, PSIS kurang maksimal

Sabtu, 12 Januari 2013 - 18:47 WIB
Rotasi pemain, PSIS kurang maksimal
Rotasi pemain, PSIS kurang maksimal
A A A
Sindonews.com - PSIS Semarang mendapatkan hasil yang kurang memuaskan dalam dua laga uji coba terakhir mereka. Bermain imbang dengan Jamu Persip Pekalongan di Stadion Batik, Kota Pekalongan dan kekalahan atas Deltras Sidoarjo 2-0 akhir pekan kemarin. Kekalahan saat melawan Deltras, tidak lepas dari langkah berani dari pelatih PSIS Semarang Firmandoyo yang lebih memilih memainkan skuad muda dan mencadangkan sejumlah pilar utamanya. Termasuk striker anyarnya Emile Linkers.

Selain itu, pada laga uji coba tandang ini sang pelatih juga menerapkan skema yang berbeda. Jika biasanya di laga tandang dia menggunakan formasi 4-2-3-1, saat melawan Deltras menggunakan formasi 4-4-2. “Ini laga uji coba, jadi semua pemain kami rotasi untuk menentukan pemain terbaik, menentukan formasi terbaik. Jadi kalah tidak masalah, tetapi dari kekalahan itu kita bisa mengambil pelajaran sebagai bahan evaluasi supaya ke depan lebih baik,” ujar Pelatih PSIS Firmandoyo, Sabtu (12/1/2013).

Dari hasil uji coba tersebut, permasalah yang masih muncul adalah masih belum mampunya anak-anak Semarang dalam mengeksekusi setiap peluang menjadi gol. Permasalahan inipun menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi Firmandoyo, sebelum benar-benar berkompetisi di Divisi Utama Liga Indonesia yang bakal mulai kick off 27 Januari mendatang.

Firmandoyo mengaku, kekalahan tersebut harus bisa menjadi pelajaran bagi para pemain dan menjadi bekal evaluasi sebelum menghadapi uji coba melawan Persebaya Surabaya (DU) pada Minggu (13/11), di Gelora 10 November Surabaya.

Pelatih yang sukses mengantarkan kontingen sepak bola Jateng meraih medali Perunggu pada PON Riau 2012 ini berharap, pada laga kontra Persebaya Iswandi Da’i Cs, bermain lebih tenang, dan tidak perlu memikirkan kekalahan dari Deltras. “Kami bermain sudah cukup bagus tapi memang kita masih kalah pintar dari pemain Deltras,” ujarnya.

Firmandoyo mengaku, dengan bekal evaluasi dari laga melawan Deltras, dia yakin anak-anak asuhnya mampu bermain lebih baik saat melawan Persebaya. “Intinya, uji coba ini adalah untuk mencari pola permainan terbaik, sekaligus skuad alternative. Mereka masih sering asik bermain di tengah, jadi besok itu harus diperbaiki,” tandasnya.'
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9161 seconds (0.1#10.140)