Perang fisik dan mental

Sabtu, 26 Januari 2013 - 16:13 WIB
Perang fisik dan mental
Perang fisik dan mental
A A A
Sindonews.com - Kick Off Divisi Utama Liga Indonesia, Minggu (27/1) mulai digeber. Pembukaan akan dilakukan di stadion Jatidiri Semarang mulai pukul 15.30 WIB . Sebagai laga pembuka, dua tim tangguh di Jawa Tengah, PSIS Semarang dan PSCS Cilacap bakal saling berhadapan.

Perang fisik, taktik serta mental bakal mewarnai jalannya pertandingan 2x45 menit. Adu gensi pun bakal terjadi pada pertadingan yang diprediksi akan berlangsung dengan tensi tinggi, tersebut.

Baik PSIS maupun PSCS sama-sama memiliki ambisi untuk meraih tiga poin di pertandingan pertama, Bahkan keduanya juga sama-sama berambisi untuk dapat promosi ke Liga Indonesia musim depan. Terlebih PSIS Semarang, klub yang mempunyai sejarah panjang di kancah persepak bolaan Indonesia sudah terlalu lama berada di kasta kedua. PSIS pun ingin segera kebali kejalurnya.

Siapa yang memenangkan pertandingan di laga perdana tersebut ?secara normal keduanya sama-sama memiliki peluang untuk menang. Pasalnya dua tim ini sama-sama memiliki skuad yang sudah benar-benar siap berkompetisi secara tim. Kedua tim pun sama-sama membutuhkan kemenangan untuk memuluskan langkah ke laga berikutnya.

Di kubu PSIS sendiri sudah mengawali persiapan lebih dari dua bulan, untuk membentuk tim. Pemain-pemain muda dengan talenta besar dikombinasikan dengan pemain-pemain senior seperti Imral “korea” usman, Robby Fajar, Nurul Huda, dan Iswandi Da’i menjadi andalan klub berjuluk laskar Mahesa Jenar ini.

Dengan skuad yang saat ini ada, PSIS pun merasa yakin mampu memetik point penuh di kandang sendiri. Terlebih motivasi bermain skuad PSIS akan semakin terpompa dengan hadirnya ribuan pendukung meraka Panser Biru dan Snex.

Anak-anak asuh firmandoyo harus pandai mengatur ritme pertandingan untuk menjaga kondisi fisik jika tidak ingin mereka kelelahan sebelum pertandingan usai, yang tentunya bakal menguntungkan tim lawan.

Jika PSIS Semarang mampu memetik poin penuh jelas akan membawa dampak positif bagi tim. Semangat anak-anak asuh Firmandoyo akan semakin terpacu untuk melakoni laga berikutnya bertandang ke Persikad Depok dan Persikabo Kabupaten Bogor.

Sang pelatih Firmandoyo tidak akan main-main dalam laga perdana tersebut. Skuad terbaiknya bakal diturunkan sejak menit pertama, untuk terus menggedor pertahanan lawan. “Yang akan kami turunkan adalah pemain-pemain terbaik kami. Secara tim kami sudah siap menjamu PSCS Cilacap,” ujar Firmandoyo.

Firmandoyo mengaku tidak ada persiapan khusus untuk melakoni laga perdana tersebut. Hanya saja dia menekankan pada anak-anak asuhnya untuk terus meningkatkan motivasi bertanding dan kerjasama tim. “Selain itu pemain jangan sampai bermain tegang, harus bermain lepas, tetapi tetap vokus untuk meraih kemenangan,” tandasnya.

Sementar itu, dikubu PSCS tak kalah tangguhnya, tim berjuluk laskar Nusakambang ini sudah cukup matang dalam persiapan. Skuad meraka juga sudah komplit, ditambah tiga pemain asing asal Kamerun , Erik Awaundja, Owang Abong dan Nnengue Bienvenue. Ketiga pemain asing ini memperkuat lini belakang, tengah dan depan.

PSCS juga memiliki striker andalan, yakni Taryono. Striker muda ini ini memiliki kemampuan jelajah yang cukup tinggi, pandai mencari posisi dan gesit. Dengan kemampuannya itu bakal menyulitkan lini pertahanan PSIS.

Pelatih PSCS Gatot Barnowo mengklaim, anak-anak asuhnya lebih siap dari pada PSIS Semarang. Menurutnya, persipan matang yang dilakukan PSCS, membuat skuadnya lebih menyatu.

Terlebih, Laskar Nusakambang juga diisi talenta-talenta muda yang memiliki kecepatan, dan motivasi bertanding yang tinggi. “Kami lebih siap. Tiga pemain asing kita juga dalam kondisi bagus dan siap bertanding. Saya minta para pemian untuk menampilkan permain terbaiknya. Semua pemain PSIS bagus, tapi pemain kami lebih bagus,” tandasnya, usai memimpin latihan di Stadion Jatidiri, kemarin.

Meski pertandingan di kandang lawan, jelas PSCS tidak akan menyerah begitu saja. Berbekal pemain terbaik meraka, PSCS menargetkan poin maksimal atas Laskar Mahesa Jenar.”Kami akan langsung menyerang, tidak ada kata bertahan, karena kami ingin menang,” tandasnya.

Perkiraan Formasi

PSIS Semarang
4-4-2

Penjaga gawang : Catur Adi Nugroho
Depan : Emile Linkers dan Robby Fajar
Tengah : Iswandi Da’i, Imral “Korea”Usman, M. Irvan dan pemain muda Saiful Amar.
Lini belakang : Morris Power, Nurul Huda, Iksan Sania dan Daru Tri Laksono

PSCS Cilacap
3-5-2

Penjaga Gawang : Ega Riski
Belakang : M Analis. Arif "achong" Sarifudin . Eric Ndzomo Awaoundja,
Tengah : Wahyu Tri Harjanto , Andesi Setyo Prabowo, Crepin Owang Abong, Rasetyawan, Wildan Purnomo.
Depan : Taryono dan Nnengue Bienvenue
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7305 seconds (0.1#10.140)
pixels