Ponaryo dkk kedodoran jalani latihan speed

Selasa, 29 Januari 2013 - 21:48 WIB
Ponaryo dkk kedodoran jalani latihan speed
Ponaryo dkk kedodoran jalani latihan speed
A A A
Sindonews.com - Sepulang melakoni laga tandang di Tanah Kalimantan, Minggu (27/1), nakhoda Sriwijaya FC (SFC) Kas Hartadi langsung menggenjot fisik dan teknik pemain. Itu terlihat saat Kas Hartadi memimpin anak asuhnya latihan selama dua hari lalu.

Seperti pada Senin (28/1) sore lalu, Ponaryo Astaman dan kawan-kawan tidak diperkenankan memegang bola sama sekali. Namun, seluruh pemain di instruksikan untuk berlari dan berlari. Tampak seluruh pemain pun menikmati latihan fisik tersebut dengan sangat serius.

Sepertinya, kekalahan yang diderita Laskar Wong Kito pada dua pertandingan tandang lalu, masih berbekas dalam benak Kas Hartadi. Pasalnya, kekalahan tersebut bukan karena skema permainan atau strategi yang diterapkan. Melainkan masih rendahnya daya tahan fisik dari rata-rata penggawa SFC.

Tidak ada sama sekali canda dan tawa yang keluar dari mulut pemain, seperti pada latihan-latihan sebelumnya. Yang ada hanya kucuran keringat yang membasahi baju pemain, serta napas yang tersengal-sengal.

Pasalnya, mereka dituntut hanya berlari mengitari lapangan dengan durasi 30 menit. Beberapa pemain yang kondisi fisiknya masih kedodoran. Ada pemain yang langsung rebah, melentangkan diri di lapangan, ada juga yang menunduk dan tangannya memegang pinggang.

Dari keempat pemain asing yang ada, kondisi fisik Hilton Moreira mungkin lebih baik dari Boakay Eddy Foday, Min Kyung Bin dan Diogo Santos. Padahal, kalau melihat dari usia, Hilton lebih tua dibanding tiga pemain tersebut. Menurut Kas Hartadi, khusus untuk Senin sore lalu, dirinya menu latihan speed dan endurance.

''Memang itu untuk meningkatkan kecepatan dan ketahanan fisik. Kalau pada Senin kemarin, pemain tidak diperkenankan menyentuh bola. Sedangkan untuk sore ini, saya naikkan lagi programnya yakni lebih kepada tactical dan pressing. Ini juga berlaku untuk semua pemain,” katanya.

Terhadap bagaimana kondisi fisik anak asuhnya, setelah menjalani latihan speed dan endurance tersebut, Kas seperti masih tetap melindungi anak asuhnya. Menurut Kas, fisik seluruh pemain sudah ada peningkatan. Padahal, bukan tidak sedikit pemain yang mengalami kelelahan, termasuk pemain asingnya.

”Setelah melewati latihan yang cukup keras selama dua hari ini, khususnya pada speed dan endurance, fisik pemainnya cukup lumayan. Tapi memang perlu ditingkatkan lagi, meskipun pemain lagi didera kelelahan dari perjalanan yang cukup jauh. Durasi latihan hanya 30 menit, tapi itu inti dari latihan,” tandasnya, seraya mengakui kalau dari seluruh pemain yang mengikuti latihan tersebut, fisik Hilton Moreira dan Tantan cukup kuat, dibanding pemain lain.

(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9159 seconds (0.1#10.140)