Tokoh rugby kontroversial Afsel tutup usia

Sabtu, 02 Februari 2013 - 04:57 WIB
Tokoh rugby kontroversial Afsel tutup usia
Tokoh rugby kontroversial Afsel tutup usia
A A A
Sindonews.com - Salah satu tokoh paling kontroversial dalam olahraga rugby Afrika Selatan, Dr Louis Luyt, mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Durban, dalam usia 80 tahun, pada Jumat (1/2) waktu setempat.

Beranjak dari latar belakang keluarga miskin, Dr Luyt sukses menjadi sosok jutawan di negaranya. Dia merupakan seorang pengusaha yang cerdas, seorang pemimpin rugby dan salah satu penggiat revolusi profesional di South African Rugby Union. Dia dikenal sebagai sosok yang berani dan tak kenal takut, yang tak pernah jauh dari kontroversi sepanjang jalannya.

Luyt tercatat pernah menjadi pemain rugby untuk klub Blue Bulls, dan melanjutkan karirnya dengan menjadi kapten Orange Free State dari tahun 1950. Dia terpilih sebagai presiden Uni Rugby Transvaal pada tahun 1989 dan tak lama setelahnya naik ke posisi presiden South African Rugby Union.

Presiden Golden Lions Rugby Union (GLRU), Kevin de Klerk pun turut bersedih setelah mendengar kabar meninggalnya Luyt dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Luyt. "Saya ingin menyampaikan simpati terdalam saya kepada istri Doc Luyt tercinta dan anak-anak atas nama saya sendiri dan Golden Lions Rugby Union," ujarnya, dikutip Super Sport, .

"Dia selalu menjadi mentor yang hebat, bagi kebanyakan dari kami yang terlibat dalam permainan, dan kami selalu berusaha untuk mencapai standar yang sangat tinggi dalam olahraga yang ia tetapkan. Saya akan sangat merindukannya."
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6482 seconds (0.1#10.140)