De Oranje berubah warna

Jum'at, 08 Februari 2013 - 09:31 WIB
De Oranje berubah warna
De Oranje berubah warna
A A A
Sindonews.com - Pelatih Belanda Louis van Gaal mengubah wajah timnya lebih segar dengan memasukkan sejumlah pemain muda.

Tim ini pun dinilai memiliki masa depan cerah,meski memetik hasil imbang 1-1 pada laga uji coba melawan Italia, dini hari kemarin. Belanda gagal mempersembahkan kemenangan kepada pendukung setianya di Amsterdam ArenA.De Oranje tidak mampu menjaga keunggulan 1-0 di babak pertama lantaran membiarkan Marco Verratti menyamakan kedudukan saat injury time.Negeri Kincir Angin kembali menelan hasil seri setelah sebelumnya bermain kacamata kontra Jerman.

Meski demikian,Van Gaal tidak sepenuhnya kecewa.Sebab,pada awalnya dia memanfaatkan laga itu untuk eksperimen.Pelatih berusia 61 tahun itu memutuskan mencoret enam senior yang sebelumnya terus membela timnas dan menggantinya dengan sejumlah pemain muda. Hasilnya cukup bagus.

Walau ada beberapa young gun yang terlihat gagap, mereka punya prospek cerah.Salah satu yang menarik perhatiannya adalah bomber Benfica Ola John.Pemain berusia 20 tahun itu diberi kesempatan untuk memperlihatkan kemampuannya. Itu pertama kali dia masuk starting line-up Belanda.

John sempat dipanggil timnas pada Februari 2012 ketika Bert van Marwijk masih bertugas.Dia juga disertakan dalam skuad untuk Piala Eropa 2012. Tapi,dia hampir tidak pernah mendapat kesempatan tampil.

“John terlihat masih gugup.Dia seperti masih belum tahu apa yang harus dilakukan.Tapi,secara keseluruhan penampilannya tidak begitu buruk.Jika dia benar-benar mengecewakan,saya tidak akan membiarkannya main selama satu jam. Tapi,langsung menggantinya setelah 15 menit,”ucap Van Gaal,dilansir De Telegraaf.

Van Gaal menilai John punya masa depan cerah.Dia bisa jadi calon tepat untuk meneruskan Dirk Kyut dan Klaas- Jan Huntelaar.Maklum,keduanya sudah tua dan mengalami penurunan performa.Artinya,Belanda punya penyerang yang bisa dimaksimalkan selain Robin van Persie. Masih ada debutan lain yang mendapat pujian dari Van Gaal.Mereka di antaranya bek Daley Blind dan gelandang Jonathan de Guzman.Blind memperlihatkan kemampuan yang membuatnya terus dipercaya Ajax Amsterdam.Pemain berusia 22 tahun itu menjaga pertahanan Belanda dengan baik.

Sementara Guzman yang turun pada babak kedua memberi atmosfer positif pada permainan Belanda.“Mereka membawa sesuatu yang selama ini ditunjukkan bersama klub masingmasing. Itulah yang saya ingin mereka lakukan.Karena itu,saya merasa sangat bahagia,”kata Van Gaal. Penilaian Van Gaal merambah Adam Maher.Kinerja playmakerAZ berusia 19 tahun itu membuat mantan arsitek Bayern Muenchen itu senang.Pasalnya, dia telah menemukan sosok yang bisa menggantikan Wesley Sneijder di lini tengah.

Maklum,belakangan kualitas anggota baru Galatasaray tersebut terus merosot. “Maher menunjukkan kualitasnya sebagai pemain masa depan.Dia punya kemampuan seperti Sneider atau Rafael van der Vaart.Tapi,saya yakin dia akan lebih baik dari mereka,”pungkas Van Gaal.

Berdasarkan pengamatannya itu,Van Gaal menilai Belanda punya kans besar memenangi Piala Dunia 2014.Pasalnya, bibit-bibit muda yang disemai terus menunjukkan pertumbuhan yang bagus.Artinya,program regenerasi berjalan mulus.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5480 seconds (0.1#10.140)