Butuh keajaiban luar biasa

Sabtu, 09 Februari 2013 - 15:12 WIB
Butuh keajaiban luar biasa
Butuh keajaiban luar biasa
A A A
Sindonews.com — Laga pembuka Indonesian Premier League (IPL) atau Community Shield bakal tersaji di Stadion Agus Salim, Padang. Laga yang dihelat Minggu (10/2) ini mempertemukan jawara IPL musim lalu Semen Padang menjamu juara Piala Indonesia edisi 2012, Persibo Bojonegoro.

Sebagai pertemuan tim juara, idealnya pertandingan ini menyuguhkan permainan sengit dan ketat. Namun melihat persiapan kedua tim yang jauh berbeda, bisa jadi pertandingan nanti berlangsung sepihak. Semen Padang sangat diunggulkan pada pertandingan ini dibanding tim tamu.

Apalagi kalau bukan masalah kualitas tim Persibo yang sama sekali belum sempurna. Kedua tim yang bakal sama-sama berlaga di AFC Cup ini menyuguhkan fenomena berbeda semasa pra musim. Semen Padang cukup stabil dan dihuni pemain matang, sementara Persibo bermodal skuad ala kadarnya.

Persibo sendiri menyadari dirinya membutuhkan keajaiban luar biasa sekaligus keberuntungan untuk bisa menaklukkan Stadion Agus Salim. Klub berjuluk Laskar Angling Dharma ini hanya bisa memanfaatkan status non-unggulan untuk tampil tanpa tekanan.

“Benar, kami butuh sesuatu yang luar biasa. Modal utama kami adalah semangat untuk memberikan kemampuan terbaik. Soal materi pemain dan persiapan, Semen Padang jelas jauh lebih baik. Tapi kami tetap harus menghadapi pertandingan ini dengan serius dan tidak boleh merasa kalah duluan,” tutur Asisten Pelatih Persibo Bambang Pramuji.

Staf pelatih meminta pemain tidak memikirkan bagaimana hasil pertandingan nanti, karena yang terpenting adalah masuk ke lapangan dengan kepala tegak. Melihat komposisi tim Persibo yang dibawa ke Padang, jelas menunjukkan tim Oranye kurang meyakinkan.

Nyaris tidak ada pemain reguler musim lalu yang tersisa. Walau masih ada Wahyu Teguh, Bijahil Chalwa, Sigit Mieko, serta Didik Bagus Triyono, mereka bukanlah pemain utama semasa dilatih Paulo Camargo. Justru pemain terbaik Persibo musim lalu sekarang ini berada di pihak Semen Padang.

Di sana bercokol Novan Setya, Nur Iskandar, Jajang Paliama, serta Aries Tuansyah. Sangat wajar jika kedatangan Persibo ke Agus Salim cukup diremehkan. “Semua tentu mengunggulkan tuan rumah. Tidak masalah karena itu membuat kami lebih mudah tampil tanpa beban dan mencoba membuat kejutan,” sebut Bambang Pramuji.

Sementara, dari kubu tuan rumah, empat pemain yang baru memperkuat tim nasional (timnas) di Dubai dipastikan bisa bermain kontra Persibo. Mereka adalah Wahyu Widjiastanto, Hendra Bayauw, Vendry Mofu, serta Novan Setya. Semen Padang hanya kehilangan David Pagbe dan Hengky Ardiles yang masih cedera.

Kendati begitu, kekuatan Semen Padang masih cukup mentereng dan jauh unggul dibanding milik tim pendatang. Dengan tambahan kekuatan pemain dari timnas, kubu Semen Padang sangat percaya diri bisa memenangi pertandingan sekaligus merengkuh trofi perdana musim ini.

Media Officer Semen Padang Ronny Suhatril mengatakan kondisi tim relatif sempurna dan termotivasi untuk memberikan kemenangan lawan Persibo. “Tim lengkap, mungkin hanya (David) Pagbe dan Hengki (Ardiles) yang meragukan. Pemain dari timnas juga sudah datang. Kami siap memberikan yang terbaik di pertandingan nanti,” katanya.

Semen Padang memiliki statistik menawan di dua pertandingan terakhir mereka. Setelah mengalahkan timnas senior dengan skor 3-2, Kabau Sirah menahan imbang 1-1 Kelantan FA pada laga persahabatan di Malaysia. Hasil itu cukup memberikan gambaran bagaimana kelas tim asuhan Jafri Sastra.(kukuh setyawan)

Prakiraan Formasi Pemain:

Semen Padang (4-4-2):
Jandia Eka Putra (gk), Syaefuloh Maulana, Wahyu Widjiastanto, Syafrudin, Novan Setya (belakang), Ellie Aiboy, Vendry Mofu, M Rizal, Hendra Bayauw (tengah), Junior Wilson, Nur Iskandar (depan).

Persibo Bojonegoro (4-4-2):
Dede Sulaiman (gk), Panggah Madyantara, Sigit Mieko, Alexander Robinson, Nugroho Mardianto (belakang), Han Ji Ho, Tamsil Sijaya, Didik B Triyono, Edfy Gunawan (tengah), Wahyu Teguh, Mahmoud Mansouri (depan).
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7339 seconds (0.1#10.140)