Fans Fiorentina lecehkan Juventus

Senin, 11 Februari 2013 - 17:03 WIB
Fans Fiorentina lecehkan Juventus
Fans Fiorentina lecehkan Juventus
A A A
Sindonews.com - Juventus kembali menuai hinaan saat melawan Fiorentina, Sabtu (9/2). Adalah fans Fiorentina yang menghina Juventus dengan menuliskan angka 39 di dinding pembatas tribun Juventus Arena.
Angka itu mengingatkan kembali akan Tragedi Heysel yang menewaskan 39 suporter Si Nyonya saat berhadapan dengan Liverpool dalam ajang final European Cup pada 25 Mei 1985.
Kerusuhan yang terjadi di Stadion Heysel, Belgia, itu terjadi sebelum pertandingan dimulai. Sebanyak 600 Juventini juga mengalami luka-luka karena ingin menyelamatkan diri dari serangan Liverpudlian, julukan fans Liverpool.
Akibat insiden memilukan ini, Asosiasi Sepak Bola Uni Eropa (UEFA) menjatuhkan sanksi kepada klub-klub Liga Inggris berupa larangan bermain selama lima tahun di kompetisi Eropa. Khusus bagi The Reds, UEFA menambahkan hukuman menjadi enam tahun.
Tercatat 14 suporter Liverpool dinyatakan sebagai tersangka dan masing-masing dihukum tiga tahun penjara. Sementara itu, terkait hinaan tifosi Fiorentina, hingga saat ini belum ada tanggapan dari Federasi Sepak Bola Italia (FIGC).
Aksi itu sebagai balasan atas perlakuan fans Juventus yang menghina kiper La Viola, Emiliano Viviano. Viviano dianggap melakukan penghinaan setelah menjatuhkan jersey gelandang Juventus Andrea Pirlo yang berada di pundak Borja Valero.
Tindakan Viviano itu mendapatkan kecaman dari pihak Juventini karena dianggap menghina klub kasayangannya tersebut. Namun, Viviano membantah jika telah melakukan penghinaan.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5436 seconds (0.1#10.140)
pixels