Atlet ski air dunia terpikat fasilitas Jakabaring

Kamis, 14 Februari 2013 - 20:13 WIB
Atlet ski air dunia terpikat fasilitas Jakabaring
Atlet ski air dunia terpikat fasilitas Jakabaring
A A A
Sindonews.com - Arena ski air di kawasan Jakabaring Sport City, Palembang, akan kembali diramaikan oleh para atlet dunia. Akan tetapi kali ini kedatangan mereka bukan dalam rangka mengikuti kejuaraan seperti sebelumnya.

Mereka hadir lantaran ingin memanfaatkan fasilitas venue tersebut sebagai tempat latihan bagi para atlet profesional. Rencananya sejumlah atlet dari negara Eropa dan Asia akan mulai berlatih pada April nanti.

"Sebenarnya mereka sudah meminta agar bisa digelar pada Maret ini, namun karena kesibukan kita (Sumsel) untuk menggelar Kejuaraan Triathlon maka terpaksa diundur menjadi April nanti," kata Ketua Umum KONI Sumsel Muddai Madang.

Dia menuturkan, pihaknya yang bakal mengelola pemusatan latihan itu bekerja sama dengan pemerintah provinsi telah melakukan persiapan matang, terutama menyangkut kebutuhan atlet profesional itu. Pemusatan latihan itu akan dikelola dengan menerapkan prinsip bisnis sehingga akan menambah pemasukan daerah.

"Kebutuhan atlet seperti penginapan hingga kapal cepat akan dikenakan biaya sewa dengan harga yang disesuaikan seperti tempat-tempat lain," ujarnya.

Hanya saja, dirinya tidak menampik harga yang ditawarkan itu sedikit lebih murah mengingat biaya akomodasi (penginapan, transportasi, dan konsumsi) di Indonesia berada di bawah negara-negara Eropa.

"Selain karena arena merupakan yang terbaik di dunia, Sumsel juga memiliki daya tarik lain yakni harga yang murah. Hal ini tidak masalah, yang penting sudah ada atensi dari negara maju untuk berlatih di sini," ujarnya.

Bahkan untuk menunjang peran baru KONI Sumsel itu, dia secara pribadi telah membeli sebuah kapal cepat bermerek bermerek "master craft" untuk ditempatkan di arena ski air Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang.

Ditambahkannya, dia tertarik merogoh kocek pribadi sekitar Rp1 miliar untuk membeli kapal cepat itu mengingat arena ski air Jakabaring bakal diramaikan atlet manca negara. Rasa optimitis itu lantaran sukses menggelar Kejuaraan Dunia Ski Air dan Wakeboard pada November lalu.

"Kapal yang dibeli ini sudah berteknologi tinggi karena mampu membuat ombak, mengukur keasaman air, dan sesuai dengan standar untuk menggelar kejuaraan dunia. Ketika ditekan "zero" maka kapal akan bergerak mengikuti sinyal satelit sehingga kecepatan dan jaraknya tetap stabil dari start hingga finish. Bebeda dengan kapal yang masih manual karena bisa saja kelebihan atau justru kurang kecepatannya," katanya.

Setelah menjadi tuan rumah kejuaraan dunia maka komunitas ski air dunia akan berbondong-bondong ke Palembang. Apalagi, para juara dunia dan Presiden IWWF Kono Ritschard berani menyebut arena di Jakabaring ini menjadi yang terbaik di dunia.

Sementara ini beberapa negara yang telah menyatakan minat untuk menjalani pemusatan latihan di Palembang saat musim dingin diantaranya Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Korea, Australia, Selandia Baru serta Amerika Serikat.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6289 seconds (0.1#10.140)