Positif doping, Turkoglu dihukum

Sabtu, 16 Februari 2013 - 07:39 WIB
Positif doping, Turkoglu dihukum
Positif doping, Turkoglu dihukum
A A A
Sindonews.com - Forward Orlando Magic Hedo Turkoglu,33,dihukum larangan 20 kali tampil di ajang NBA setelah positif doping, kemarin.Sanksi itu membuat langkah Magic untuk lolos ke babak play-off semakin berat.

NBA menyatakan,dalam urine pemain asal Turki tersebut terdeteksi zat methenolone,yang masuk jenis zat terlarang anabolic steroids.Karena itu,NBA langsung menjatuhkan sanksi terhadap andalan Magic itu.Bahkan,terhitung Rabu (13/2),Turkoglu sudah tidak boleh membela timnya,termasuk saat menjamu Atlanta Hawks,kemarin. Turkoglu tak bisa berbuat banyak dengan keputusan NBA selain meminta maaf kepada manajemen Magic,fans,dan rekan-rekannya di tim.

Menurut dia,kasus tersebut murni kelalaiannya. Turkoglu mengatakan,kejadian itu bermula saat dirinya mendapat obat dari seorang pelatih di Turki pada musim panas lalu. Tujuannya, tentu untuk membantu penyembuhan cedera bahunya.Namun,dia lupa mengecek kandungan dalam obat tersebut masuk substansi obat terlarang atau tidak.

”Sebagai pemain,ini situasi terburuk. Tapi,saya siap bertanggung jawab.Saya siap menjalani sanksi,”ujar Turkoglu.“Saya hanya ingin meminta maaf kepada manajemen dengan situasi ini.Saya seharusnya melakukan cek ulang tentang kandungan obat tersebut.Jika itu dilakukan, saya tidak akan mengalami masalah ini,” tambahTurkoglu,dilansir Yahoo Sports.

Turkoglu merupakan pemain kedelapan yang mendapat sanksi NBA karena tersandung obat terlarang. Sementara di Magic,dia menjadi pemain kedua yang terlibat masalah doping dalam empat tahun terakhir. Sebelumnya,forward Rashard Lewis juga dikenai sanksi larangan 10 kali tampil pada 2009 setelah positif doping turunan testosterone.

Di sisi lain, General Manager Magic Rob Hennigan menyatakan akan menjadikan kasus itu sebagai pelajaran berharga bagi para pemainnya.Dia pun meminta para pemain berhati-hati menggunakan obat penahan rasa sakit dan penyembuh cedera.Sebab,bukan tak mungkin itu masuk kategori obat terlarang dalam aturan NBA. ”Turkoglu telah menginformasikan positif doping dua pekan lalu.Ini jadi pelajaran bagi tim untuk mengenal mana obat yang aman dan mana yang tidak boleh digunakan,”ujar Hennigan.

Yang jelas,Hennigan mengaku mengenai kondisi Turkoglu.Pemain asal Turki tersebut pernah 10 kali absen pada akhir musim lalu karena patah tulang bagian mata atas.Dia juga tidak bisa tampil dalam 28 pertandingan beruntun pada awal musim ini karena patah tulang lengan. Bahkan,dia baru 11 kali tampil pada musim 2012/2013 dengan sekali masuk starting five sebelum dijatuhi sanksi oleh NBA. Yang pasti,Magic memang akan semakin menurun setelah kehilangan Turkoglu.

Bahkan,saat menjamu Hawks di Amway Arena,kemarin,mereka kalah telak 76-108. Ini yang membuat mereka akan makin sulit lolos ke babak play-off.Apalagi,faktanya mereka kini berada di peringkat 14 klasemen Wilayah Timur dengan 15-37 atau hanya meraup 28,8% kemenangan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5671 seconds (0.1#10.140)