FPTI Sleman gelar sirkuit panjat tebing

Sabtu, 23 Februari 2013 - 16:42 WIB
FPTI Sleman gelar sirkuit panjat tebing
FPTI Sleman gelar sirkuit panjat tebing
A A A
Sindonews.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sleman bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata ”AMPTA” Sleman Yogyakarta menyelenggarakan kompetisi panjat tebing berlabel ” Sirkuit Panjat Sleman Seri STP AMPTA 2013”, Sabtu -Minggu (23-24/2/2013). Even dipuatkan di Halaman STP AMPTA dengan mempertandingkan 4 kelas yaitu Kelas Boulder Umum Putra, Boulder Umum Putri, Junior Putra dan Junior Putri.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi FPTI Kabupaten Sleman Wahyu Purnomo mengatakan, kompetisi terbuka untuk masyarakat umum se Kabupaten Sleman dan mapala/sispala/pramuka serta klub panjat tebing yang berada di Sleman. "Atlet terbaik di Sleman ikut ambil bagian, termasuk atlet nasional asal Sleman, Bayu dan Fitriyani," katanya, Sabtu (23/2/2013).

Dia menambahkan, ajang ini sebagai seleksi untuk memperebutkan tiket masuk tim yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) DIY 2013. "Ajang ini juga sebagai pertandingan promosi degradasi atlet pusdiklat FPTI Sleman," imbuhnya.

Menurut dia, jumlah atlet yang masuk pusdiklat sejak Juli 2012 tercatat ada 46 atlet. Mereka terdiri 10 atlet senior putra, 10 atlet senior putri, 10 atlet junior putra dan 10 atlet junior putri serta 6 atlet spider kid. "Berdasarkan hasil kompetisi di STP Ampta ini ada kemungkinan mereka akan tergusur oleh pemanjat dari luar pusdiklat jika menuai kekalahan di ajang ini," katanya.

Wahyu mengatakan, even ini bertema Panjat Tebing Asik dan Menyenangkan”. Tema ini diusung karena memadukan kompetisi dengan entertaint. Setiap babak pertandingan peserta harus menyelesaikan 4 jalur masalah yang dibuat sedemikan rupa.

Untuk mencapai top atau poin tertinggi, peserta harus mengeluarkan segala kecerdikan dan kemampuan teknik gerakan dasar seperti meloncat dengan dua tangan satu kaki, satu tangan dua kaki, atau bahkan satu tangan dan satu kaki. "Sehingga penonton akan disuguhi atraksi yang sangat indah dan menyenangkan," jelasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0837 seconds (0.1#10.140)