Legenda sepak bola Irlandia tutup usia

Senin, 25 Februari 2013 - 15:07 WIB
Legenda sepak bola Irlandia tutup usia
Legenda sepak bola Irlandia tutup usia
A A A
Sindonews.com - Pemain sepak bola Irlandia era 40'an, Con Martin meninggal dunia. Con yang pernah membela Republik Irlandia dan Irlandia Utara meninggal di usia 89 tahun. Kabar duka tersebut dilansir oleh situs resmi UEFA, Senin (25/2/2013). Con Martin sendiri telah mencatat 30 caps bersama Republik Irlandia antara tahun 1946 sampai 1967 dan enam caps bagi Irlandia Utara antara tahun 1947 sampai 1950.

Satu hal yang selalu diingat publik sepak bola Irlandia adalah saat Martin berhasil mencetak salah satu gol kemenangan Irlandia atas Inggris di Goodison Park 1949. Kala itu, Irlandia berhasil menekuk Inggris 2-0. Kekalahan kandang pertama Inggris dari tim diluar Britania Raya. Selain dikenal sebagai salah satu bek tengah terbaik, Martin sempat bermain sebagai penjaga gawang kala debutnya bersama timnas Irlandia melawan Spanyol tahun 1946.

Di level klub, Martin pernah bermain bagi Aston Villa, Drumcondra FC, Glentoran FC, Leeds United AFC dan pernah menjadi pemain sekaligus pelatih bagi Dundalk FC. Di lain sisi, darah sepak bola Con menurun ke anak dan cucunya. Anak Martin yang bernama Mick telah mencatatkan 52 caps bagi Irlandia dan kini bekerja sebagai pencari bakat bagi timnas. Sementara cucunya Owen Garvan berhasil menjadi kapten tim nasional Irlandia U-21.

"Con Martin akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu pesepakbola terbaik Irlandia dan keluarganya telah berhasil menjaga tradisi tersebut. Dia akan selalu dikenang karena kontribusinya terhadap kemenangan atas Inggris tahun 1929, "ujar Presiden Asosiasi Sepak bola Irlandia (FAI), Paddy Mc Caull.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4566 seconds (0.1#10.140)